Mulai Senin, Jasa Marga Terapkan Contraflow di Tol Jagorawi

Kompas.com - 06/02/2021, 16:41 WIB
Ada perbaikan dan perkuatan konstruksi jembatan di Tol Jagorawi JASAMARGA METROPOLITAN TOLLROADAda perbaikan dan perkuatan konstruksi jembatan di Tol Jagorawi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki minggu kedua di Februari 2021, Jasamarga Metropolitan Tollroad bersama PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM), akan kembali melanjutkan pekerjaan perbaikan dan perkuatan konstruksi jembatan di ruas Tol Jagorawi.

Kondisi ini dilakukan sebagai bentuk komitmen dan upaya memastikan keamanan dan kenyamanan pengendara ketika melintasi, sekaligus meningkatkan kualitas jembatan di Ruas Tol Jagorawi.

Irra Susiyanti, Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad mengatakan, pelaksanaan perbaikan dan perkuatan jembatan dilakukan di Km 15+408 arah Ciawi pada bahu luar.

Baca juga: Pindah Lajur di Tol Ada Etikanya, Bukan Asal Potong

Proses pelaksanaannya akan dimulai pada Minggu (7/2/2021) pukul 21.00 WIB sampai dengan open traffic, Jumat (12/2/2021) pukul 06.00 WIB.

Pekerjaan perbaikan jembatan di Tol Jagorawi.Dok. PT Jasamarga Metropolitan Tollroad. Pekerjaan perbaikan jembatan di Tol Jagorawi.

"Selama pekerjaan berlangsung bahu luar ditutup, sedangkan lajur 1 diberlakukan buka tutup secara situasional sebagai akses alat berat. Selain bahu luar dan lajur 1, lajur lainnya dapat digunakan sebagai jalur lalu lintas," ucap Irra dalam keterangan resminya, Sabtu (6/2/2021).

Guna menjaga keamanan di lokasi pekerjaan, Jasamarga Metropolitan Tollroad juga menyiapkan rambu-rambu pengamanan pekerjaan sesuai standar. Termasuk menyiagakan petugas serta memastikan menjaga protokol kesehatan di lokasi pekerjaan.

Sementara untuk memastikan kelancaran lalu lintas, Irra mengatakan bakal diberlakukan rekayasa lalu lintas berupa penerapan contraflow dari Km 08+000 sampai Km 17+000 arah Ciawi.

Baca juga: Pengendara Motor Masuk Tol, Bisa Kena Denda Rp 500.000

Kendaraan roda empat menggunakan jalur contraflow menuju arah Sukabumi di pintu keluar Tol Jagorawi KM 44, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/8/2020). Tingginya volume kendaraan menuju Puncak Bogor menyebabkan jalur menuju arah Sukabumi tersendat sehingga Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem lawan arus (contraflow) untuk mengurai kemacetan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.Yulius Satria Wijaya Kendaraan roda empat menggunakan jalur contraflow menuju arah Sukabumi di pintu keluar Tol Jagorawi KM 44, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/8/2020). Tingginya volume kendaraan menuju Puncak Bogor menyebabkan jalur menuju arah Sukabumi tersendat sehingga Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem lawan arus (contraflow) untuk mengurai kemacetan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.

Rekayasa lalu lintas tersebut akan dilakukan mulai Senin sampai Kamis (8-11/2/2021) dari pukul 16.00 WIB, atau sebelum volume lalu lintas padat hingga lalu lintas lancar kembali, hingga seluruh pekerjaan perbaikan dan perkuatan jembatan selesai.

"Diimbau pengguna jalan agar tetap berhati-hati khususnya di musim penghujan ini, selalu perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanannya," kata Irra.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X