Kompas.com - 06/02/2021, 15:02 WIB
Truk bermuatan pakan ternak IstimewaTruk bermuatan pakan ternak

JAKARTA, KOMPAS.comTruk Over Dimension dan Over Loading (ODOL) selain merusak jalan, ada kerugian yang bisa dialami oleh pengusaha truk maupun si pemilik barang. Misalnya seperti patahnya sasis truk dan lainnya.

Selain itu, bagi para pemilik barang yang dimuat ke truk secara ODOL, bisa merugi ketika truk mengalami kecelakaan. Misalnya saja seperti video yang diunggah oleh akun Agoez Bandz di Instagram yang memperlihatkan truk bermuatan kayu oleng dan jatuh.

Dengan jatuhnya truk tersebut, tentunya pengiriman barang jadi tertunda. Pengusaha truk rugi karena truknya rusak dan pemilik barang mengalami kendala waktu yang mundur dari yang seharusnya.

Baca juga: Komparasi All New PCX 160 dan Yamaha Nmax 155, Mana Lebih Unggul?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, truk sangat mudah oleng ketika dimuat dengan beban yang berlebihan atau dimensi baknya yang diperbesar.

“Truk memiliki keterbatasan kemampuan daya angkut, kalau pun spacenya ada tapi melebihi kemampuan daya angkut, maka keseimbangannya pasti hilang,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Pindah Lajur di Tol Ada Etikanya, Bukan Asal Potong

Apalagi ditambah kondisi jalan yang memang rusak. Ketika truk miring sedikit beberapa derajat, bisa langsung terguling karena beban yang dimuatnya. Kemudian jika truk dimensinya berlebihan dan ditambah ke atas, pasti lebih gampang oleng.

“Jika muatannya tinggi, titik berat tersebut sudah berubah ke atas, ini yang membuat truk mudah oleng. Semakin tinggi dimensi muatan truk, semakin mudah menangkap angin samping, jadi gampang terbalik,” kata Sony.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X