Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Tentrem Pakai Bodi Avante H7 untuk Bus AKDP

Kompas.com - 01/02/2021, 15:28 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu karoseri yang memiliki Perusahaan Otobus (PO) adalah Tentrem di Malang, Jawa Timur. Nama POnya juga sama seperti karoserinya, yaitu Tentrem, PO bus ini melayani angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Jawa Timur.

Karena memiliki karoseri sendiri, PO Tentrem tentunya memakai bodi bus buatan karoseri sendiri. Belum lama ini PO Tentrem baru saja merilis armada terbarunya yang menggunakan bodi Avante H7.

Sales Staff karoseri Tentrem Dimas Raditya mengatakan, Avante H series ini baru pertama kali digunakan untuk armada AKDP PO Tentrem. Namun sekarang belum operasional di jalan.

Baca juga: Skema Kredit Motor Listrik United T1800, CIcilan Rp 500 Ribuan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Andrew Santoso TV (@andrew_transportation_gallery)

 

“Ada dua unit dengan detail spesifikasi yang berbeda. Namun saat ini masih belum beroperasi,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Senin (1/2/2021).

Sebelumnya untuk kelas AKDP, PO Tentrem menggunakan bodi bus besar bermesin depan, yaitu Max dan Max HDD buatan Tentrem. Sedangkan model terbaru ini merupakan model bus besar dengan mesin belakang.

Baca juga: Porsche Tabrak LCGC, Jangan Pernah Kabur Bila Terlibat Kecelakaan

“PO Tentrem punya dua kelas, AC Tarif Bawah (ATB) dengan susunan kursi 3-2 dan Patas yang konfigurasinya 2-2,” kata Dimas.

PO Tentrem juga punya bus dengan bodi Avante HDD, Scorpion King dan Scorpion X, tapi bukan untuk AKDP, tetapi untuk Pariwisata. Begitu juga ada bodi Jupiter dan Galaxy untuk kelas Patas. Kemudian untuk yang terbaru ini belum ditentukan akan mengisi kelas ATB atau Patas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com