Persiapan Transaksi Tol Tanpa Berhenti Dimulai Tahun Ini

Kompas.com - 01/02/2021, 13:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan transaksi tol nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF), sesaat lagi bakal diterapkan. Rencananya, metode ini akan digulirkan pada 2022 mendatang menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS).

Adapun penerapan transaksi tol tanpa berhenti tersebut dapat terlaksana karena Roatex Ltd Zrt, perusahaan asal Hongaria, telah menjadi pemenang tender Badan Usaha Pelaksana (BUP) proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk sistem transaksinya.

Untuk menjalankan sistem transaksi nirsentuh tanpa berhenti tersebut, Roatex menggandeng PT Jasa Marga (Persero) Tbk serta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut dipilih lantaran memiliki pengalaman panjang di sektornya masing-masing.

Baca juga: Transaksi Tol Tanpa Berhenti Siap Diterapkan 2022

"Jasa Marga merupakan badan usaha jalan tol (BUJT) pemegang konsesi jalan tol terpanjang di Indonesia dan punya pengalaman mengoprasikan jalan tol lebih dari empat dekade. Sementara Telkom, memiliki jaringan luas di wilayah operasi kita," kata Chief Representative Roatex Ltd Zrt Musfihin Dahlan, dilansir dari PropertiKompas, Senin (1/2/2021).

Ilustrasi Gerbang Tol Pondok Gede Timur 2DOK. JASA MARGA Ilustrasi Gerbang Tol Pondok Gede Timur 2

Sebelum dimulainya penerapan transaksi tol tanpa berhenti tersebut, Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra Saleh Atmawidjaja menjelaskan, bila akan dilakukan rangkaian persiapan lebih dulu.

Mulai dari tahapan pengembangan sistem, pengenalan teknologi GNSS, penerapan Single Lane Free Flow (SLFF), sampai dilanjutkan dengan MLFF.

"Semua tahapan tersebut dilakukan tahun ini. Kendaraan yang jumlahnya jutaan unit juga kan perlu diregistrasi. Selain itu, kita juga harus memilih ruas tol mana yang akan diuji coba," kata Endra.

Struktur komersial proyek KPBU sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh berbasis MLFFBPJT Struktur komersial proyek KPBU sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh berbasis MLFF

Menurut Endra, transaksi tol MLFF merupakan hal baru yang jadi kelanjutan elektronifikasi di jalan bebas hambatan. Lantaran itu, tidak selalu berlangsung mulus dalam waktu singkat.

Baca juga: Tol Kapal Betung Beroperasi, Bakauheni-Palembang Hanya 3,5 Jam

Artinya, dibutuhkan proses yang memang akan memakan waktu, belum lagi dengan munculnya masalah, termasuk potensi fraud atau kecurangan yang kerap terjadi seperti pada tilang elektronik.

Transaksi tol Single Lane Free Flow (SLFF) Transaksi tol Single Lane Free Flow (SLFF)

Menurut Endra, bersama dengan Roatex, Kementerian PUPR nantinya akan menyiapkan segala mitigasi dari risiko-risiko yang ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.