Truk Terguling di Tanjakan, Ini Pentingnya Jaga Jarak dengan Kendaraan Berat

Kompas.com - 01/02/2021, 14:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Truk bermuatan pasir terguling di jalan Sukarasa, Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Senin (1/2/2021).

Kejadian ini sempat viral di media sosial melalui unggahan akun instagram @warung_jurnalis. Kecelakaan tersebut disebabkan truk mengalami rem blong saat menanjak sehingga tidak bisa mengendalikan laju kendaraan hingga terguling.

Baca juga: Komparasi All New Honda CBR150R vs YZF-R15 dan GSX-R150

Meski tidak ada korban jiwa, truk tersebut nyaris mengenai mobil yang berada di lajur berlawanan. Akibat kecelakaan tunggal itu, seluruh muatan truk (pasir) tumpah dan berceceran di jalan raya.

Kecelakaan kendaraan berat yang disebabkan rem blong ini sudah sering terjadi, bahkan tidak sedikit yang menimbulkan korban jiwa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Warung Jurnalis (@warung_jurnalis)

Terkait kejadian tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, dilihat dari video tersebut, langkah yang diambil oleh mobil Toyota Rush berwarna hitam untuk menjaga jarak dengan truk di depannya sudah tepat dilakukan.

Menurut Sony, pengemudi mobil memang harus membuat jarak dengan kendaraan di depannya. Namun, jarak ideal yang aman memang berbeda-beda, tergantung dari beberapa hal.

“Pertama bisa dilihat dari kondisi jalan. Apabila tanjakan lurus, artinya mobil dibelakangnya harus menunggu dan berhenti di ujung jalan yang flat atau datar. Mengapa? karena dengan jalan yang datar melakukan antisipasi menghindar lebih mudah,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/2/2021).

Baca juga: Harga Mobil Murah Bekas Awal Bulan, Honda Brio Rp 90 Jutaan

Kemudian Sony melanjutnya, pengemudi mobil sebaiknya juga melihat kemampuan truk yang berada di depannya.

“Apakah truk itu terawat, overload, bagaimana kemampuan menanjaknya dan gerakannya. Kalau satu dari empat hal itu tersebut terjadi, segera bersiap-siap untuk berhenti,” katanya.

“Ketika ragu dan berhenti segera cari alternatif spot atau area untuk menghindar apabila truk tersebut gagal menanjak,” lanjut Sony.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.