Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Lampu Cahaya Putih di Mobil Boleh, tapi Jangan ke Arah Belakang

Kompas.com - 28/01/2021, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Terjadi lagi sebuah mobil yang melakukan modifikasi yang mengganggu pengguna jalan lain. Bisa dilihat dari video yang diunggah Dashcam Indonesia di Instagram, sebuah mobil memasang aksesoris lampu berwarna putih di atas pelat nomor belakang.

Ketika mobil berjalan, lampu tersebut menyala warna putih yang cukup mengganggu pengemudi di belakang. Begitu menginjak rem, lampu memang turut menyala merah, namun setelah rem dilepas, kembali jadi warna putih.

Menanggapi hal tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, modifikasi kendaraan memang sah saja selama menyesuaikan dengan prinsip keselamatan dan tidak menyusahkan orang lain.

Baca juga: Daftar Harga Moge Bekas, Dijual Mulai Rp 50 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Modifikasi tentang warna lampu ini harus hati-hati. Karena orang lain membaca atau mengartikannya bisa berbeda-beda sehingga menimbulkan persepsi lain,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (27/1/2021).

Sony mengatakan, semua warna lampu yang ada di bagian luar kendaraan memiliki arti ketika menyala. Jadi tidak disarankan menambah dengan alasan apapun. Kemudian warna lampu harus menyesuaikan keterangannya, jangan bikin silau orang lain.

Baca juga: Kabar Terbaru, Dovizioso Siap Gantikan Marc Marquez

“Sebaiknya hindari hal-hal yang bisa menimbulkan persepsi yang berbeda dalam memodifikasi. Kalau ada pengemudi seperti contoh tadi, artinya dia tidak paham arti rambu-rambu lampu,” kata Sony.

Selain itu, memodifikasi dengan menambah lampu yang membuat orang lain bingung juga bisa berbahaya. Pertama ada risiko terkena tabrak belakang karena pengemudi di belakangnya kesilauan, tidak bisa memperkirakan jaraknya engan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com