Pasang Lampu Cahaya Putih di Mobil Boleh, tapi Jangan ke Arah Belakang

Kompas.com - 28/01/2021, 09:22 WIB
Potongan video aksesoris mobil yang mengganggu INSTAGRAM/DASHCAMINDONESIAPotongan video aksesoris mobil yang mengganggu

JAKARTA, KOMPAS.com – Terjadi lagi sebuah mobil yang melakukan modifikasi yang mengganggu pengguna jalan lain. Bisa dilihat dari video yang diunggah Dashcam Indonesia di Instagram, sebuah mobil memasang aksesoris lampu berwarna putih di atas pelat nomor belakang.

Ketika mobil berjalan, lampu tersebut menyala warna putih yang cukup mengganggu pengemudi di belakang. Begitu menginjak rem, lampu memang turut menyala merah, namun setelah rem dilepas, kembali jadi warna putih.

Menanggapi hal tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, modifikasi kendaraan memang sah saja selama menyesuaikan dengan prinsip keselamatan dan tidak menyusahkan orang lain.

Baca juga: Daftar Harga Moge Bekas, Dijual Mulai Rp 50 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Modifikasi tentang warna lampu ini harus hati-hati. Karena orang lain membaca atau mengartikannya bisa berbeda-beda sehingga menimbulkan persepsi lain,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (27/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sony mengatakan, semua warna lampu yang ada di bagian luar kendaraan memiliki arti ketika menyala. Jadi tidak disarankan menambah dengan alasan apapun. Kemudian warna lampu harus menyesuaikan keterangannya, jangan bikin silau orang lain.

Baca juga: Kabar Terbaru, Dovizioso Siap Gantikan Marc Marquez

“Sebaiknya hindari hal-hal yang bisa menimbulkan persepsi yang berbeda dalam memodifikasi. Kalau ada pengemudi seperti contoh tadi, artinya dia tidak paham arti rambu-rambu lampu,” kata Sony.

Selain itu, memodifikasi dengan menambah lampu yang membuat orang lain bingung juga bisa berbahaya. Pertama ada risiko terkena tabrak belakang karena pengemudi di belakangnya kesilauan, tidak bisa memperkirakan jaraknya engan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.