Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Isi Air Wiper Pakai Campuran Detergen

Kompas.com - 28/01/2021, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca hujan saat ini sering terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Pemilik mobil harus memperhatikan kondisi wiper dan cairannya untuk menjaga visibilitas saat berkendara tetap terlihat jelas.

Caranya mudah, pemilik mobil bisa membuka kap mesin dan washer fluid reservoir atau yang populer disebut tabung air wiper.

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian mengatakan, posisi tabung air wiper biasanya terletak di pojok kanan atau kiri ruang mesin. Tabungnya berwarna putih, menggunakan tutup yang diberi simbol cipratan air.

Baca juga: Suzuki Kasih Servis Gratis buat Motor dan Mobil Korban Banjir Kalsel

Pastikan air wiper berada di antara tanda batas bawah dan batas atas.

“Jika air wiper berada di bawah tanda batas minimum, segera tambahkan air wiper. Bisa gunakan air khusus wiper atau cukup air keran saja,” ujar Deni saat dihubungi kompas.com, Rabu (28/1/2021).

Tabung reservoir air wiper Foto: Peugeot Tabung reservoir air wiper

Meski begitu, Deni tak menyarankan penggunaan air keran untuk jangka panjang. Pasalnya, air tanah dapat menimbulkan jamur kaca jika tidak segera dibilas.

Selain itu, air tanah juga terkadang kurang maksimal untuk kaca mobil. Itu sebabnya banyak yang mengakali mengisinya dengan cairan detergen, agar lebih ampuh membersihkan kotoran.

Baca juga: Fasilitas Mewah yang Ada di Bus AKAP Kelas Eksekutif

Namun, cara ini ternyata tidak direkomendasikan, sebab cairan detergen dapat meninggalkan busa yang bisa menganggu visibilitas.

“Saat kondisi hujan, busa yang ditimbulkan malah bisa makin banyak. Malah berbahaya saat berkendara. Apalagi juga bisa mengakibatkan selang dan washer mampet,” kata Deni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com