Satu Windu, Daihatsu Telah Produksi 1,1 Juta Unit Mobil Murah

Kompas.com - 27/01/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi jajaran produksi Daihatsu di segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah. DOK. ASTRA DAIHATSU MOTORIlustrasi jajaran produksi Daihatsu di segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah.

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) mencatat telah memproduksi sebanyak 1,1 juta unit mobil murah atau LCGC (Low Cost Green Car) di Indonesia. Capaian ini untuk semua kendaraan LCGC, baik itu yang bermerek Daihatsu maupun Toyota.

Daihatsu juga menyebutkan bahwa jumlah ini untuk memenuhi permintaan di pasar domestik dan juga ekspor dalam bentuk CBU (Completely Built Up).

Seperti diketahui, ada dua segmen mobil murah yang diproduksi ADM. Untuk segmen hatchback, pabrik Daihatsu memproduksi Ayla, Agya, dan Wigo yang sejak meluncur pertama kali pada 2013 telah mencapai 650.000 unit.

Baca juga: Roda Truk Copot di Jalan Tol, Ini Bahaya yang Sulit Diantisipasi

Komparasi duo LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2020Kompas.com Komparasi duo LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift 2020

Kemudian mobil murah di segmen MPV, yakni lewat proyek kolaborasi Sigra dan Calya. Sejak hadir pada 2016, produksi kedua mobil ini telah melebihi 465.000 unit.

Alhasil, capaian total produksi dari kedua segmen LCGC tersebut telah menembus angka 1,1 juta unit.

Angka ini berkontribusi sekitar 29 persen dari jumlah keseluruhan produksi ADM pada periode 2013-2020 yang berada di angka 3,8 juta unit. Meskipun ADM yang memproduksi, sebagai aliansi grup perusahaan, produk-produk yang diproduksi masih lebih laris di pasar yang beremblem Toyota.

Baca juga: Diskon XL7, BR-V, Rush dan Xpander Cross NIK 2020 Tembus Puluhan Juta

Daihatsu Sigra facelift 2019KOMPAS.com/Ruly Daihatsu Sigra facelift 2019

Sebelumnya, ADM pernah mencapai produksi kendaraan sebanyak 1 juta unit pada 2005, 2 juta unit kendaraan pada 2010, serta 3 juta unit kendaraan pada 2013.

Prestasi ADM terus berlanjut pada capaian 4 juta unit kendaraan pada 2015, dan 5 juta unit kendaraan pada 2017.

Baca juga: Merasakan Kenyamanan Interior Toyota Fortuner Facelift

Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019

Terakhir pada 2019, pabrikan yang bermarkas di Sunter, Jakarta Utara, ini telah meraih produksi 6 juta unit.

“Terima kasih untuk semua pelanggan yang telah membeli produk LCGC dari ADM,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Diretor PT ADM, dalam keterangan resmi (26/1/2021).

“Sehingga total produksi ADM pada segmen ini telah mencapai lebih dari 1,1 juta unit dalam waktu 1 windu,” kata Amelia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X