Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Spesifikasi Aki Sepeda Motor

Kompas.com - 26/01/2021, 15:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki menjadi salah satu komponen yang cukup vital pada sepeda motor. Secara fungsi punya tugas sebagai sumber daya untuk menggerakkan starter, serta menyimpan dan menyuplai listrik untuk komponen lain.

Untuk diketahui, aki juga memiliki spesifikasi khusus. Serupa seperti pelumas yang mempunyai kode tertentu seperti SAE 10W-40, maka aki juga punya kode semisal 12 V-9 Ah/10 hr dan sebagainya.

Baca juga: Jangan Asal Terjang Banjir, Efeknya Mesin Mobil Bisa Jebol

Mengutip buku “Sepeda Motor Listrik” yang disusun oleh Buntarto keluaran 2016, ada cara membaca spesifikasi pada aki. Selama ini yang sering tertulis memiliki nilai voltase (V), amperhour (Ah) dan hour (Hr).

Sebagai contoh, pada aki tertulis 12 V-12 Ah/20 hr maka hal ini mengartikan, jika aki tersebut dipakai habis dalam kurun 20 jam kapasitasnya adalah 12 Ah. Namun jika dipakai habis kurang dari 20 jam maka nilainya kurang dari 12 Ah.

Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soakkompas.com Penggunaan motor yang kurang tepat juga bisa membuat aki motor cepat soak

“Dengan kata lain 12V-12 Ah/20 hr artinya aki tersebut awet dipakai jika kapasitas dihabiskan minimal dalam waktu 20 jam atau lebih. Jadi pilihlah aki yang memiliki nilai hr sekecil mungki,” tulis Buntarto pada buku tersebut.

Baca juga: Ini Dampaknya Setelah Motor Nekat Terjang Banjir, Sistem Pengereman Jadi Bermasalah

Voltase

Voltase adalah perbedaan potensial listrik antara dua kutub dalam rangkaian listrik. Sederhananya volt merupakan satuan untuk tegangan listrik. Dalam teknik kendaraan, voltase sangat erat kaitannya dengan jumlah baterai atau aki.

Amperhour

Ah adalah satuan kapasitas aki atau amper yang mampu dialirkan dalam waktu 1 jam. Ah diibaratkan sebagai tangki penampungan. Namun bukan berarti sebuah aki berkapasitas 10 Ah hanya mampu mengeluarkan daya maksimum 10 Ah.

Setiap jenis aki memiliki kemampuan mengeluarkan A (amper) yang bisa melebihi Ah miliknya. Misalkan aki mobil 45 Ah mampu mengeluarkan arus mencapai 210 amper ketika starter mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com