Rasakan Lagi Sensasi Turbo dan Efisiensi CR-V 2017

Kompas.com - 25/01/2021, 10:51 WIB
Honda CR-V Prestige Turbo tahun 2017 masih layak dilirik untuk kendaraan harian. Kompas.com / Setyo AdiHonda CR-V Prestige Turbo tahun 2017 masih layak dilirik untuk kendaraan harian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas tampilan luar-dalamnya, giliran mengulik lagi performa yang ditawarkan Honda CR-V Prestige generasi kelima keluaran 2017. Momen kali ini juga sekaligus menakar sisi efisiensi dari bahan bakarnya.

Seperti diketahui, generasi kelima CR-V menjadi momen penting bagi Honda. Pasalnya, untuk pertama kali SUV tersebut disematkan mesin turbo dengan kubikasi yang lebih kecil dari pendahulunya.

Lengkapnya, CR-V menggunakan mesin 1.500 cc turbo yang sama dengan dapur pacu Civic Turbo, tapi untuk urusan performa tentu tidak bisa dipukul rata, alias ada perbedaan.

Baca juga: Bahas Lagi Desain CR-V Pertama dengan Mesin Turbo

Berdasarkan data, mesin turbo yang digunakan CR-V memiliki tenaga sebesar 190 PS pada 5.600 rpm, atau setara 187,4 tk dengan momen puntir 240 Nm di 2.000 - 5.000 rpm.

 

Meski secara kapasitas lebih rendah, tapi dibandingkan varian 2.000 cc tanpa turbonya, jelas CR-V Prestige 1.500 cc lebih unggul.

Tak heran ketika merasakan lagi sensasi di balik kemudinya, urusan responsif serta putaran tenaga yang diberikan masih cukup baik, meski terkadang memang masih ada terasa lag yang terjadi.

Namun demikian, mengingat usianya yang tak muda lagi sejak hadir di 2017, SUV ini masih bisa memberikan impresi yang tak mengecewakan.

Honda CR-V Prestige Turbo tahun 2017 masih layak dilirik untuk kendaraan harian. Kompas.com / Setyo Adi Honda CR-V Prestige Turbo tahun 2017 masih layak dilirik untuk kendaraan harian.

Penasaran dengan performanya, kami menguji ulang dengan menggunakan Race Logic yang hasilnya memang patut dipertimbangkan.

Dari titik diam (0 kpj) hingga 60 kpj, CR-V Turbo mampu melesat dalam waktu 04,9 detik saat pedal gas ditekan habis alias kickdown. Sementara untuk menyentuh 100 kpj, bisa dituntaskan dalam waktu 09,4 detik.

Hasil test race logic CR-V Turbo 1.5LKOMPAS.com/SETYO ADI Hasil test race logic CR-V Turbo 1.5L

Bicara soal handling, walau ada sedikit gejala limbung, tapi hal tersebut masih dalam hitungan wajar mengingat ground clearance yang dimiliki tidak serendah Civic.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X