Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rasakan Lagi Sensasi Turbo dan Efisiensi CR-V 2017

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas tampilan luar-dalamnya, giliran mengulik lagi performa yang ditawarkan Honda CR-V Prestige generasi kelima keluaran 2017. Momen kali ini juga sekaligus menakar sisi efisiensi dari bahan bakarnya.

Seperti diketahui, generasi kelima CR-V menjadi momen penting bagi Honda. Pasalnya, untuk pertama kali SUV tersebut disematkan mesin turbo dengan kubikasi yang lebih kecil dari pendahulunya.

Lengkapnya, CR-V menggunakan mesin 1.500 cc turbo yang sama dengan dapur pacu Civic Turbo, tapi untuk urusan performa tentu tidak bisa dipukul rata, alias ada perbedaan.

Berdasarkan data, mesin turbo yang digunakan CR-V memiliki tenaga sebesar 190 PS pada 5.600 rpm, atau setara 187,4 tk dengan momen puntir 240 Nm di 2.000 - 5.000 rpm.

Meski secara kapasitas lebih rendah, tapi dibandingkan varian 2.000 cc tanpa turbonya, jelas CR-V Prestige 1.500 cc lebih unggul.

Tak heran ketika merasakan lagi sensasi di balik kemudinya, urusan responsif serta putaran tenaga yang diberikan masih cukup baik, meski terkadang memang masih ada terasa lag yang terjadi.

Namun demikian, mengingat usianya yang tak muda lagi sejak hadir di 2017, SUV ini masih bisa memberikan impresi yang tak mengecewakan.

Penasaran dengan performanya, kami menguji ulang dengan menggunakan Race Logic yang hasilnya memang patut dipertimbangkan.

Dari titik diam (0 kpj) hingga 60 kpj, CR-V Turbo mampu melesat dalam waktu 04,9 detik saat pedal gas ditekan habis alias kickdown. Sementara untuk menyentuh 100 kpj, bisa dituntaskan dalam waktu 09,4 detik.

Bicara soal handling, walau ada sedikit gejala limbung, tapi hal tersebut masih dalam hitungan wajar mengingat ground clearance yang dimiliki tidak serendah Civic.

Konsumsi

Kurang lebih satu minggu CR-V Turbo menemani redaksi keliling Jakarta, Bogor, dan Tangerang. Total jarak tempuh yang kami dapat mencapai 503,6 km.

Sementara itu, dari sisi efesiensi bahan bakar, dengan berkendara di berbagai kondisi dan gaya mengemudi normal, rata-rata konsumsi BBM pada MID menujukkan angka 12 kpl. Artinya, satu liter BBM kurang lebih bisa membawa CR-V menempuh hingga 12 km.

Tentunya hasil konsumsi BBM tiap pengujian akan berbeda, namun yang redaksi dapat merupakan penggunaan sehari-hari di area aglomerasi Jabodetabek, dengan muatan dua sampai tiga orang.

Hasil itu pun merupakan kombinasi, karena beberapa kali redaksi juga sempat tak mengandalkan fitur Econ.

Kesimpulan

Dari sisi performa dan bahan bakar, apa yang disajikan Honda melalui CR-V Turbo lansiran 2017 masih cukup menarik.

Meski kubikasi mesin lebih kecil dari pendahulunya, tapi tenaga yang dimiliki lebih besar, bahkan konsumsinya pun tidak mengecewakan.

Untuk harga jual, di pasar mobil bekas dari informasi yang kami dapat, banderol CR-V Turbo 2017 juga cenderung stabil. Kisarannya antara Rp 330 sampai Rp 350 jutaan, tergantung dari kondisi unit tentunya.

Sama dengan banyak produk lain, ada kelebihan ada juga kekurangan yang dimiliki CR-V. Berdasarkan wawancara Kompas.com sebelumnya terdahap komunitas CR-V, banyak yang mengeluhkan bila kerap kali merasakan turbo lag.

Selain itu, masalah lain yang sudah menjadi rahasia umum juga soal kasus tombol tuas transmisi yang copot atau patah. Tapi kabarnya pihak Honda cukup responsif menanggapi keluhan-keluhan tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/25/105100815/rasakan-lagi-sensasi-turbo-dan-efisiensi-cr-v-2017

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke