Sondors Metacycle, Motor Listrik Super Ringan dari Aluminium

Kompas.com - 20/01/2021, 10:42 WIB
Motor listrik Sondors Metacycle Rideapart.comMotor listrik Sondors Metacycle

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak produsen berkreasi melahirkan motor listrik. Salah satunya adalah produsen sepeda listrik, Sondors, yang menciptakan motor listrik Metacycle dari material yang kuat tapi ringan.

Dikutip dari Rideapart.com, Metacycle dibangun dengan konsep unibody. Jadi, mulai dari sasis, bodi, hingga joknya menjadi satu bagian. Hampir seluruh bagian dibuat dari material aluminium.

Baca juga: Govecs Schwalbe Motor Listrik Bergaya Skuter Retro

Selain sasisnya, bagian swingarm pun turut mengandalkan aluminium. Bobot keseluruhannya tercatat hanya sekitar 90,7 kg.

Motor listrik Sondors MetacycleRideapart.com Motor listrik Sondors Metacycle

Motor listrik ini dibekali dinamo yang mampu menghasilkan tenaga hingga 8 kWh dan puncaknya bisa mencapai 14,5 kWh. Torsinya juga luar biasa, mulai dari 108,4 Nm hingga 271,1 Nm.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan bobot yang ringan dan spesifikasi dinamo yang mumpuni, motor listrik ini diklaim mampu menembus top speed hingga 128,7 kilometer per jam. Metacycle juga disebutkan dapat melaju hingga 128 kilometer dalam kondisi baterai penuh.

Baca juga: Tantangan Motor Listrik Universitas Budi Luhur Bila Diproduksi Massal

Motor listrik Sondors MetacycleRideapart.com Motor listrik Sondors Metacycle

Baterainya bisa dilepas dan dicas terpisah. Di bagian tengah juga terdapat ruang, di mana biasanya bagian ini menjadi tangki bahan bakar untuk motor bensin. Ruang kosong ini dapat digunakan untuk mengecas ponsel.

Motor listrik Sondors MetacycleRideapart.com Motor listrik Sondors Metacycle

Spesifikasi lainnya tak kalah mumpuni. Sokbreker depan sudah pakai model upside down dari WP Suspensions. Sedangkan pengeremannya, didukung oleh ByBre, anak perusahaan dari Brembo.

Motor listrik Sondors MetacycleRideapart.com Motor listrik Sondors Metacycle

Sondors Metacycle dibanderol 5.000 dolar AS atau sekitar Rp 70,4 jutaan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X