Bedah Desain Dasbor Bus, Mengapa Tanpa Kisi-kisi AC?

Kompas.com - 20/01/2021, 10:22 WIB
dasbor bus haltebus.comdasbor bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti kendaraan pada umumnya, bus memiliki dasbor pada kabin pengemudi. Namun perbedaannya dengan mobil biasa, pada dasbor bus tanpa kisi-kisi atau lubang AC.

Kisi-kisi AC yang ada di bus tidak dipasang pada bagian dasbor, melainkan ada di pilar depan. Posisi kisi-kisi AC ini tepatnya ada di atas kepala pengemudi. Lalu mengapa tidak dibuat di bagian dasbor seperti mobil pada umumnya?

Design Development karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, kisi-kisi AC pengemudi yang ada di pilar bus ini karena penempatan unit AC bus pada bagian atap.

Baca juga: Meluncur Februari di Jepang, Kapan HR-V Generasi 3 Masuk Indonesia?

louver AC busKompas.com/Fathan Radityasani louver AC bus

“Untuk bus Indonesia, memang AC unit hanya ada di top roof, berikut kondensor dan evaporatornya. Jika memakai kisi-kisi AC di dasbor, harus ada penambahan evaporator, blower dan piping-nya, sehingga menambah biaya,” ucap Deddy kepada Kompas.com, Selasa (19/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan jika kisi-kisi berada di pilar, jadi lebih ekonomis. Hal ini dikarenakan mengambil aliran angin dingin dari ducting yang ada di kiri dan kanan atap. Selain itu juga sudah sejalur dengan kisi-kisi AC yang ada di atas kepala penumpang.

Baca juga: Sudah di Indonesia, Kapan Honda Luncurkan City Hatchback ?

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto menambahkan, pemasangan kisi-kisi AC di atas kepala pengemudi juga mempertimbangkan keamanan dari alat-alat elektronik yang ada di balik dasbor.

“Pasang di atas kepala pengemudi lebih mudah dilakukan dan mengurangi risiko kebocoran AC. Jika di dasbor, khawatir ada embun akibat kebocoran AC yang bisa merusak rangkaian elektronik yang ada di dalamnya,” kata Werry kepada Kompas.com.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.