Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Motor Listrik Elbike Bima Enduro Diproduksi Massal?

Kompas.com - 15/01/2021, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Elbike Garage bentukan PT Elnusa Tbk melalui tim Inovasi AGNI, sudah memperkenakan motor konsep dual purpose bernama ECR-3000.

Saat ini motor yang dinamakan Bima Enduro tersebut masih dalam tahap prototipe. Pihak Elbike sedang menjalani proses supaya motor bisa diproduksi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Elbikegarage (@elbikegarage)

CEO dan Founder Elbike Fachrul Mutaqien, tidak menyebut secara pasti kapan motor diproduksi massal dan dijual umum, tapi konsepnya nanti bisa ditawarkan sebagai motor konversi.

Baca juga: Spesifikasi Bima Enduro ECR-3000 Besutan Elbike Garage

"Saya bisa menjawab seperti ini, saat ini membuat prototipe dan rencananya kita juga membuat produk konversi motor bahan bakar bensin jadi listrik. Itu akan lebih besar, karena ke depan kita bergerak ke elektrik," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Fachrul mengatakan, prototipe Bima Enduro memang berstatus motor konversi. Alias motor bensin yang kemudian dimodifikasi jadi motor listrik.

Elbike Bima Enduro ECR-3000Foto: Elbike Garage Elbike Bima Enduro ECR-3000

"Karena Bima ini berbentuk motor, kita masih proses prototipe, secara surat ialah motor modifikasi, motor yang sudah ada di konversi pakai mesin motor listrik," katanya.

Fachrul mengatakan, Bima Enduro dirancang untuk tugas berat. spesifikasi Bima Enduro tidak bisa dianggap sebelah mata.

Baca juga: Elbike Bima Enduro Dirancang untuk Tugas Berat

"Kita pakai spesifikasi yang di atas. Seperti diketahui di site itu tidak ada station charging dan jaraknya lumayan jauh antara tempat satu ke tempat lain," katanya.

Elbike Bima Enduro ECR-3000Foto: Instagram Elbike Garage Elbike Bima Enduro ECR-3000

Spesifikasi Bima Enduro memakai baterai lithium 72 Volt 40 Ah dengan controller Votol EM-100. Baterainya berada di area tangki. Pengecasan dari nol butuh waktu sekira 3 jam sampai 5 jam.

Motor listriknya memakai penggerak berkapasitas 72 Volt 3.000 Watt. Motor diklaim bisa dipacu sampai kecepatan 100 km/jam.

"Power rate-nya sekitar 60 Nm. Kalau dihitung setara motor bensin berkapasitas 190cc - 230 cc, karena ada beberapa attachment seperti reduction gear yang meningkatkan torsi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com