Kompas.com - 16/01/2021, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Brio berhasil menempati posisi puncak sebagai produk kendaraan roda empat atau lebih terlaris di pasar dalam negeri sepanjang Januari-Desember 2020, mengalahkan Toyota Avanza.

Berdasarkan data penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Brio mampu membukukan total penjualan sebanyak 40.879 unit.

Sementara kendaraan keluarga andalan Toyota Indonesia yang berjuluk 'mobil sejuta umat' tersebut hanya berhasil menorehkan angka penjualan 35.754 unit. Namun, kedua model sama-sama mengalami penurunan penjualan tahun lalu, hingga 50 persen.

Baca juga: Realisasi Penjualan Mobil Baru 2020 Anjlok 48,3 Persen

Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya CVT

Kondisi ini cukup menarik mengingat Avanza tak tergoyahkan sebagai model terlaris, setidaknya dalam lima tahun terakhir. Bahkan kehadiran Mitsubishi Xpander dua tahun lalu yang juga bermain di segmen MPV murah, belum bisa melengserkannya walau sempat bersaing sengit.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy mengatakan bahwa torehan tersebut sejalan dengan kondisi dan tren pasar imbas pandemi virus corona (Covid-19).

"Permintaan mobil harga terjangkau selama pandemi tetap ada mungkin karena masyarakat menilai mobil pribadi lebih aman dibandingkan naik transportasi umum," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Lebih rinci, permintaan Brio RS dan Satya memang sangat stabil usai pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di berbagai wilayah diberikan keringanan. Sehingga membuat model ini lebih cepat memasuki tahap pemulihan dibandingkan produk otomotif roda empat lainnya.

Baca juga: Penjualan Mobil Bekas Diprediksi Masih Ramai di 2021

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

Bahkan sejak akhir kuartal III/2020 atau September, Brio terus berada di posisi puncak penjualan bulanan dengan rata-rata di atas 4.200 unit. Sementara Avanza yang mengalami gejolak sejak Mei 2020 tampak lebih lambat pulih dan kesulitan mencapai posisi pertama.

Pada suatu kondisi, capaian Avanza sempat dikalahkan oleh Toyota Innova dan Rush, tepatnya di periode Agustus 2020. Kala itu, saudara kembar dari Daihatsu Xenia ini hanya berhasil mencapai posisi ke-14 dengan total penjualan 474 unit.

Kendati demikian, Avanza masih menjadi pemimpin pasar mobil keluarga murah berkapasitas 7-penumpang mengalahkan para pesaingnya seperti Xpander, Nissan Livina, Honda Mobilio, hingga Suzuki Ertiga.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.