Universitas Budi Luhur Rilis Motor Listrik Neo Cafe Racer

Kompas.com - 14/01/2021, 17:41 WIB
Motor Listrik BL-SEV01 Foto: Universitas Budi LuhurMotor Listrik BL-SEV01
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Budi Luhur memperkenalkan motor listrik, Budi Luhur - Sport Electric Vehicle 01 atau disingkat BL-SEV01 berdesain neo cafe racer.

Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., M.M., mengatakan, pengembangan BL-SEV01 murni dilakukan oleh pelaku civitas akademika.

Motor Listrik BL-SEV01Foto: Universitas Budi Luhur Motor Listrik BL-SEV01

"Pengembangan BL-SEV01 juga mendapatkan dukungan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dibantu oleh Katros Garage untuk desain kendaraan," katanya saat peluncuran daring, Kamis (14/1/2021).

Baca juga: Elbike Bima Enduro Dirancang untuk Tugas Berat

Desain BL-SEV01 merupakan cafe racer dengan sentuhan masa depan. Tampilannya eksentrik dengan shrouds dan beda dengan mayoritas motor listrik saat ini yang berjenis skutik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemilihan desain ini disebut untuk menegaskan performa dan kemampuan BL-SEV01 yang diposting sebagai motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif.

Motor Listrik BL-SEV01Foto: Universitas Budi Luhur Motor Listrik BL-SEV01

Rektor Wendi mengatakan, pengembangan motor sepenuhnya dilakukan oleh pengajar dan mahasiswa, mulai dari motor listrik, baterai hingga modul.

Ketiga komponen utama ini dikembangkan sedemikian rupa agar bisa bekerja secara optimal sesuai dengan kondisi, karakteristik, dan medan di Indonesia.

Baca juga: Selain Skuter, NIU Juga Punya Motor Listrik Model Sport

"Semua komponen yang dikembangkan ini sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI," katanya.

Motor Listrik BL-SEV01Foto: Universitas Budi Luhur Motor Listrik BL-SEV01

Spesifikasi BL-SEV01 memakaii motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga 16 kW. Baterainya memiliki spesifikasi 48Ah dipadu kontroler berspesifikasi 96 Volt 200 Ampere.

Saat baterai terisi penuh motor diklaim bisa diajak jalan sejauh 110 km. Adapun waktu pengisian baterai dari kosong hingga penuh memakan waktu 4 jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.