Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tesla Persiapkan Mobil Listrik Rp 300 Jutaan

Kompas.com - 14/01/2021, 14:45 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Carscoops

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal Amerika Serikat, Tesla disebut sedang mempersiapkan mobil listrik murah dengan kisaran harga 25.000 dolar AS atau setara Rp 353 juta.

Dilansir Carscoops, Rabu (13/1/2021), rencana tersebut sesuai dengan bocoran dokumen Gigafactory Tesla di Shanghai yang dikirim ke pemerintah China belum lama ini.

Tertulis, model domestik baru Tesla akan langsung diproduksi di pabrik terkait dengan sasaran segmen dan harga jual lebih rendah dari Model 3. Adapun rencana produksi dan pengiriman massal, paling cepat tahun 2022.

Baca juga: Prestige Motorcars Sanggup Datangkan 20 Unit Tesla Model 3

First Impression Tesla Model 3KOMPAS.com/DIO DANANJAYA First Impression Tesla Model 3

Saat ini, pabrik Tesla di Shanghai telah memproduksi dua model yakni Model 3 dan Model Y. Maka, produk tahun depan itu bakal menjadi mobil ke-3 berharga murah yang diproduksi di sana.

Dalam persiapannya, Tesla telah mulai menerima pengajuan desain serta mempekerjakan orang untuk proyek tersebut.

Laporan itu juga menyebut bahwa model baru terkait mendapatkan persetuan pada September lalu dan verifikasi produksi akan selesai pada Maret 2021.

Sayangnya, informasi tentang spesifikasi model baru ini masih belum jelas. Tapi, besar kemungkinan akan menggunakan basis Tesla termurah saat ini, yakni Model 3.

Baca juga: Ulik Tesla Model 3 Facelift, Apa Saja yang Baru?

Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikattheverge.com Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikat

Sementara pada bagian baterainya, kemungkinan disematkan teknologi sel baterai baru 4680, menggantikan model 2170. Melalui terobosan itu, kandungan kobalt pada katoda akan berkurang digantikan kadar nikel yang tinggi.

Sebelumnya, kabar ini sudah pernah diungkapkan oleh CEO Elon Musk tahun lalu. Hanya saja, saat itu ia memperkirakan mobil listrik murah baru masuk jalur produksi pada 2024-2025.

Terlepas dari apa yang dinyatakan dalam dokumen Gigafactory Shanghai, tidak ada kepastian bahwa kendaraan tersebut akan diluncurkan pada tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com