Tahun 2020, Modifikasi Digital Mulai Diminati Anak Muda

Kompas.com - 06/01/2021, 20:31 WIB
Modifikasi digital Suzuki Jimny Les83Machines carscoops.comModifikasi digital Suzuki Jimny Les83Machines
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi digital atau dikenal dengan nama Digimod semakin digemari oleh kawula muda seiring berkembangnya dunia desain dan modifikasi kendaraan bermotor roda empat.

Terlebih beberapa waktu belakangan telah banyak perlombaan serta pameran terkait yang hadir sehingga merangsang kreatifitas modifikator agar terus berkembang.

"Menariknya, jika diperhatikan tren tahun lalu pergerakannya semakin positif. Ini bisa dilihat dari beberapa perlombaan Digimod, pesertanya makin banyak dan rata-rata anak muda," ujar Andre Mulyadi, pendiri National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Trik Modifikasi Jok Kulit Berkualitas dengan Harga Bersahabat

Modifikasi Toyota FT86 Terinspirasi dari Video Game Need For SpeedHarprit Singh Modifikasi Toyota FT86 Terinspirasi dari Video Game Need For Speed

"Kemudian jika dirinci lagi, yang datang dari bengkel modifikasi itu sedikit. Lebih banyak orang-orang yang suka desain dan hendak melakukan modifikasi pada mobilnya," lanjut dia.

Menurut Andre, pertumbuhan ini terjadi karena dampak dari pandemi virus corona alias Covid-19 yang membuat seluruh masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja di samping kemudahan akses informasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sanksi Tilang Uji Emisi Kendaraan Masih Digodok

Selain itu, mencari referensi dan mewujudkan modifikasi lewat media digital pun tak terlalu rumit dibandingkan modifikasi secara rill di bengkel khusus kesayangan.

"Kami sangat apresiasi untuk anak muda yang telah terjun ke Digimod. Mereka kebanyakan belajar modifikasi dan desain sendiri, otodidak, amat produktif meski di tengah pandemi," ucap Andre.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X