Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Modifikasi Jok Kulit Berkualitas dengan Harga Bersahabat

Kompas.com - 06/01/2021, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengganti lapisan jok mobil bawaan dengan bikinan aftermarket masih jadi salah satu tren modifikasi interior pada 2021. Biasanya selain karena alasan estetika, mengganti dengan jok kulit juga karena alasan kenyamanan.

Namun kenyamanan menduduki jok berlapis kulit tak bisa dirasakan, terutama jika Anda memasang jok dari bahan kulit sintetis atau yang biasa disebut semi kulit.

“Perbedaan semi kulit dengan kulit asli, kalau semi kulit biasanya panas saat menempel di badan, secara tampilan juga enggak kelihatan kayak asli,” ujar Edy dari Vertue Concept, spesialis interior mobil di Sunter, Jakarta Utara, kepada Kompas.com (5/1/2021).

Baca juga: Cerita 5 Tahun Pakai Mobil Listrik, Ngecas Gampang tapi Takut Air

Hasil modifikasi Vertue Concept pada jok All-New Yaris.Vertue Concept Hasil modifikasi Vertue Concept pada jok All-New Yaris.

Biasanya konsumen yang mencari tampilan jok bagus dan nyaman diduduki akan diarahkan untuk paket full leather.

“Full leather ini memang paling bagus, misalkan untuk Alphard itu di angka Rp 16,5 juta. Tapi saya suka sarankan konsumen ambil half leather agar lebih ekonomis, di mobil yang sama itu sekitar Rp 12,5 juta,” ucap Edy.

Menurutnya, half leather merupakan kombinasi pemilihan bahan kulit interior mobil, antara yang kulit asli dengan semi kulit.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan yang Menewaskan Eks Personel Trio Macan

Ilustrasi jok sintetisStanly/Otomania Ilustrasi jok sintetis

Edy menambahkan, cara ini sudah digunakan sejumlah pabrikan Eropa untuk menekan harga jual kendaraannya.

“Ini diaplikasi beberapa brand misalkan Mercy, sehingga tampilannya tetap leather dan rasanya seperti leather, tapi dari budget lebih terjangkau,” kata Edy.

“Untuk half leather, kami pasang kulit asli di bagian kursi sandaran muka, head rest muka, sandaran tangan, dan konsol dasbor. Karena itu paling sering bersentuhan dengan tangan, tapi untuk bagian lainnya dari semi kulit,” tuturnya.

Baca juga: Kronologi Razia Knalpot, Warga Kesal Banyak yang Sunmori tapi Enggak Jajan

Ilustrasi jok mobil dari bahan microfiberFOTO: AXIS SEAT COVER Ilustrasi jok mobil dari bahan microfiber

Selain memasang half leather, ada solusi lain yang diberikan beberapa pemodifikasi interior. Seperti Win dari Axis Seat Cover di Buah Batu, Bandung, Jawa Barat, yang menyarankan bahan kulit microfiber.

“Tahun ini orang lebih peduli dengan nyaman, karena orang traveling pakai mobil sendiri, dia pasti akan mendandani mobil agar senyaman mungkin, salah satunya dengan mengganti bahan lapisan jok,” ucap Win, kepada Kompas.com (5/1/2021).

“Kalau mau bahan yang adem tapi tidak terlalu mahal, saya sarankan pakai microfiber. Dia lebih mahal dari kulit sintetis tapi lebih murah tapi lebih murah dari leather,” katanya.

Baca juga: Aturan Bengkel Konversi Motor Listrik Sulit, Ini Kata Konsumen

jok mobil fabricStanly/Otomania jok mobil fabric

Menurut Win, untuk mobil dengan dua baris tempat duduk yang memasang kulit microfiber dibanderol sekitar Rp 3,5 juta.

Sementara untuk bahan leather bisa menembus Rp 12 jutaan, dan dari bahan kulit sintetis mulai Rp 2 jutaan.

“Jadi microfiber itu lebih maha sedikit dari kulit sintetis, tapi rasanya cukup signifikan bedanya, dia enggak panas dan nyaman untuk perjalanan jauh,” ujar Win.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com