Trik Modifikasi Jok Kulit Berkualitas dengan Harga Bersahabat

Kompas.com - 06/01/2021, 17:21 WIB
Jok Kulit di GIIAS 2018 KOMPAS.com / Aditya MaulanaJok Kulit di GIIAS 2018
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengganti lapisan jok mobil bawaan dengan bikinan aftermarket masih jadi salah satu tren modifikasi interior pada 2021. Biasanya selain karena alasan estetika, mengganti dengan jok kulit juga karena alasan kenyamanan.

Namun kenyamanan menduduki jok berlapis kulit tak bisa dirasakan, terutama jika Anda memasang jok dari bahan kulit sintetis atau yang biasa disebut semi kulit.

“Perbedaan semi kulit dengan kulit asli, kalau semi kulit biasanya panas saat menempel di badan, secara tampilan juga enggak kelihatan kayak asli,” ujar Edy dari Vertue Concept, spesialis interior mobil di Sunter, Jakarta Utara, kepada Kompas.com (5/1/2021).

Baca juga: Cerita 5 Tahun Pakai Mobil Listrik, Ngecas Gampang tapi Takut Air

Hasil modifikasi Vertue Concept pada jok All-New Yaris.Vertue Concept Hasil modifikasi Vertue Concept pada jok All-New Yaris.

Biasanya konsumen yang mencari tampilan jok bagus dan nyaman diduduki akan diarahkan untuk paket full leather.

“Full leather ini memang paling bagus, misalkan untuk Alphard itu di angka Rp 16,5 juta. Tapi saya suka sarankan konsumen ambil half leather agar lebih ekonomis, di mobil yang sama itu sekitar Rp 12,5 juta,” ucap Edy.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, half leather merupakan kombinasi pemilihan bahan kulit interior mobil, antara yang kulit asli dengan semi kulit.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan yang Menewaskan Eks Personel Trio Macan

Ilustrasi jok sintetisStanly/Otomania Ilustrasi jok sintetis

Edy menambahkan, cara ini sudah digunakan sejumlah pabrikan Eropa untuk menekan harga jual kendaraannya.

“Ini diaplikasi beberapa brand misalkan Mercy, sehingga tampilannya tetap leather dan rasanya seperti leather, tapi dari budget lebih terjangkau,” kata Edy.

“Untuk half leather, kami pasang kulit asli di bagian kursi sandaran muka, head rest muka, sandaran tangan, dan konsol dasbor. Karena itu paling sering bersentuhan dengan tangan, tapi untuk bagian lainnya dari semi kulit,” tuturnya.

Baca juga: Kronologi Razia Knalpot, Warga Kesal Banyak yang Sunmori tapi Enggak Jajan

Ilustrasi jok mobil dari bahan microfiberFOTO: AXIS SEAT COVER Ilustrasi jok mobil dari bahan microfiber

Selain memasang half leather, ada solusi lain yang diberikan beberapa pemodifikasi interior. Seperti Win dari Axis Seat Cover di Buah Batu, Bandung, Jawa Barat, yang menyarankan bahan kulit microfiber.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X