Bikin Mini Klasik Jadi Bertenaga Listrik, Modalnya Rp 168 Juta

Kompas.com - 04/01/2021, 13:50 WIB
Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain. AUTOCAR.co.ukMini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan listrik menjadi sebuah keniscayaan pada zaman sekarang. Kini sejumlah pabrikan mulai menawarkan produk-produk yang ramah lingkungan lewat mobil listrik berbasis baterai.

Namun karena harga jual yang masih jadi ganjalan. Sejumlah orang mulai berinisiatif mengkonversi mobil dengan mesin bakar internal dengan motor listrik berbasis baterai, dengan harga yang lebih terjangkau.

Salah satunya seperti yang dilakukan Swindon Powertrain yang berbasis di Wiltshire, Inggris. Dilansir dari Autocar, rumah modifikasi ini menawarkan Swind E Electric Mini, Mini lawas yang telah mendapat dapur pacu bertenaga listrik.

Baca juga: Kijang Innova Tabrak Pagar Pembatas, Airbag Kenapa Tidak Mengembang?

Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.AUTOCAR.co.uk Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.

Lewat perangkat ini memungkinkan pemiliki mobil mungil asal Inggris itu untuk menukar mesin bensin Seri-A aslinya dengan Classic Mini Kit.

Bagi yang tertarik, paket konversi ini dibanderol 8.850 poundsterling atau setara Rp 168 jutaan.

Classic Mini Kit terdiri dari motor listrik, satu set braket, dan baterai 12 kWh. Dengan bobot sekitar 70 kg, kira-kira setengah dari mesin dan transmisi aslinya Mini, sistem penggerak ini dapat menghasilkan tenaga hingga 107 tk.

Sistem differensial standar juga disertakan dalam paket pembelian, meskipun konsumen dapat membeli secara opsional unit yang sudah ditingkatkan performanya. Opsi peningkatan lebih lanjut juga mencakup pengisian daya terpasang dan konverter AC-DC.

Baca juga: Jakarta-Bali Habis Rp 200.000, Ini Spesifikasi Mobil Listrik yang Dipakai Erick Thohir

Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.AUTOCAR.co.uk Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.

Swindon Powertrain belum mengungkap lebih jauh soal detail spesifikasi unit yang telah dipasangkan dengan Classic Mini Kit.

Namun dari catatan yang ada, dengan perangkat ini akselerasi dari 0-60 mph atau setara 0-96 kpj dapat ditempuh dalam 9,2 detik, dan kecepatan maksimal 80 mph atau sekitar 128 kpj.

Classic Mini Kit tak hanya ditargetkan untuk mobil-mobil Mini saja. Tapi juga penggemar mobil listrik lainnya, spesialis dan perusahaan konversi kendaraan listrik.

Baca juga: Sambut Tahun Baru, Kia Hadir dengan Logo dan Slogan Baru

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X