Motor Terendam Banjir, Jangan Coba Langsung Dinyalakan

Kompas.com - 26/12/2020, 07:22 WIB
Sebuah mobil tampak terseret banjir yang menerjang Kota Bandung, Kamis (24/12/2020). Tangkap layar video Saeful RohmanSebuah mobil tampak terseret banjir yang menerjang Kota Bandung, Kamis (24/12/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Hujan deras yang melanda Bandung sejak Kamis (24/12/2020) siang menyebabkan sejumlah wilayah tergenang air. Bahkan ada yang sampai masuk ke rumah dan merendam berbagai barang di dalamnya.

Salah satu yang biasanya turut terendam saat banjir adalah sepeda motor. Motor yang tidak sempat diselamatkan, terlanjur terendam air banjir. Jika sudah kejadian, jangan coba untuk menyalakan mesin motor saat banjir sudah surut.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, menyalakan mesin motor yang baru saja terendam air bisa menyebabkan terjadinya kesalahan-kesalahan pada mesin.

Baca juga: Nissan Memperkenalkan Note e-Power AWD

Sepeda motor terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).Dokumen pribadi Bambang Soesatyo Sepeda motor terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

“Sangat tidak disarankan untuk langsung menyalakan mesinnya, khawatir bagian kelistrikan masih banyak airnya,” ucap Endro kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, jika ada air di saringan udara, jangan coba-coba menyalakan motor, apalagi memakai kick starter, bisa-bisa air masuk ke ruang mesin. Jika memang ingin coba dinyalakan, pastikan kondisi motor benar-benar kering.

Lakukan pengecekan pada bagian-bagian mesin seperti saringan udara, busi, dan knalpot. Setelah dipastikan kering, bisa dicoba untuk starter, tapi jangan dipaksa jika tidak bisa hidup.

Baca juga: Liburan Pakai Mobil Transmisi Manual Jangan Lupa Atur Jarak Main Kopling

“Kalau punya kemampuan, bisa periksa komponen kelistrikan, saringan udara, busi, knalpot, baterai, sampai karburator jika motornya belum injeksi. Namun jika tidak, segera bawa ke bengkel resmi terdekat,” kata Endro.

“Lalu untuk oli, kalau sudah tercampur air (bisa dilihat dari warnanya), langsung diganti. Jangan menunda pengecekan jika motor sudah terendam banjir dalam waktu yang cukup lama,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.