Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Pakai Mobil Transmisi Manual Jangan Lupa Atur Jarak Main Kopling

Kompas.com - 25/12/2020, 12:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) banyak yang ke luar kota dengan mengendarai mobil pribadi atau road trip. Agar tidak cepat pegal di jalan, penting juga untuk mengatur jarak main atau free play kopling.

Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), jarak main kopling pada pengguna mobil manual dapat berpengaruh pada kenyamanan saat perjalanan jauh.

Baca juga: Simak Jadwal Pelayanan Samsat Polda Metro Jaya Saat Libur Nataru

"Kalau jarak main jauh yang dimaksud adalah free play kopling dibuat besar dari standar, sehingga penginjakan pedal kopling agak lebih dalam," ujar Imam, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Pedal kopling akan terasa keras jika menggunakannya tidak benar atau kurang perawatan.Donny Apriliananda Pedal kopling akan terasa keras jika menggunakannya tidak benar atau kurang perawatan.
Imam menambahkan, untuk mengemudi jarak jauh, sebenarnya lebih baik jika jarak main koplingnya jauh. Sebab, jika jarak main dibuat lebih kecil, kaki jadi lebih pegal.

"Lalu, kalau kaki si pengendara tetap di pedal, akan memercepat habisnya kopling," kata Imam.

Baca juga: Skenario Rekayasa Lalu Lintas di 3 Jalan Tol Jelang Libur Nataru

Imam mengatakan, jarak free play itu standarnya antara 10 mm sampai dengan 20 mm. Kopling pada mobil juga terdiri dari dua jenis, yakni yang masih pakai kabel dan ada yang sudah menggunakan hidrolik.

Untuk pengaturannya, menurut Imam, lebih mudah pada kopling jenis kabel. Namun, kebanyakan mobil zaman sekarang sudah menggunakan sistem hidrolik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com