Liburan Pakai Mobil Transmisi Manual Jangan Lupa Atur Jarak Main Kopling

Kompas.com - 25/12/2020, 12:41 WIB
Injakan kopling ngelos, pertanda ada masalah pada aliran minyak kopling. Otomania-Donny AprilianandaInjakan kopling ngelos, pertanda ada masalah pada aliran minyak kopling.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) banyak yang ke luar kota dengan mengendarai mobil pribadi atau road trip. Agar tidak cepat pegal di jalan, penting juga untuk mengatur jarak main atau free play kopling.

Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), jarak main kopling pada pengguna mobil manual dapat berpengaruh pada kenyamanan saat perjalanan jauh.

Baca juga: Simak Jadwal Pelayanan Samsat Polda Metro Jaya Saat Libur Nataru

"Kalau jarak main jauh yang dimaksud adalah free play kopling dibuat besar dari standar, sehingga penginjakan pedal kopling agak lebih dalam," ujar Imam, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Pedal kopling akan terasa keras jika menggunakannya tidak benar atau kurang perawatan.Donny Apriliananda Pedal kopling akan terasa keras jika menggunakannya tidak benar atau kurang perawatan.
Imam menambahkan, untuk mengemudi jarak jauh, sebenarnya lebih baik jika jarak main koplingnya jauh. Sebab, jika jarak main dibuat lebih kecil, kaki jadi lebih pegal.

"Lalu, kalau kaki si pengendara tetap di pedal, akan memercepat habisnya kopling," kata Imam.

Baca juga: Skenario Rekayasa Lalu Lintas di 3 Jalan Tol Jelang Libur Nataru

Imam mengatakan, jarak free play itu standarnya antara 10 mm sampai dengan 20 mm. Kopling pada mobil juga terdiri dari dua jenis, yakni yang masih pakai kabel dan ada yang sudah menggunakan hidrolik.

Untuk pengaturannya, menurut Imam, lebih mudah pada kopling jenis kabel. Namun, kebanyakan mobil zaman sekarang sudah menggunakan sistem hidrolik.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X