Kendaraan Bermotor Boleh Masuk Malioboro Selama Liburan Akhir Tahun

Kompas.com - 25/12/2020, 13:31 WIB
Kendaraan wisatawan memadati kawasan Jalan Malioboro, Yogyakarta, pada hari kedua Idul Fitri 1437 Hijriah, Kamis (7/7/2016). KOMPAS.com/WIJAYA KUSUMAKendaraan wisatawan memadati kawasan Jalan Malioboro, Yogyakarta, pada hari kedua Idul Fitri 1437 Hijriah, Kamis (7/7/2016).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif menyatakan bahwa larangan kendaraan bermotor masuk ke wilayah Malioboro akan dicabut sementara pada periode Natal dan Tahun Baru 2021.

Hal ini dilakukan guna mengurangi potensi kerumunan di kawasan wisata terkait. Pasalnya, Malioboro masih menjadi salah satu destinasi favorit untuk menghabiskan liburan.

Adapun pencabutan larangan kendaraan masuk ke Jalan Malioboro berlaku hingga 3 Januari 2021 atau sampai berakhirnya Operasi Natal dan Tahun Baru 2021.

Baca juga: Liburan Pakai Mobil Transmisi Manual Jangan Lupa Atur Jarak Main Kopling

Suasana malioboro saat macet libur panjang kemarin Kamis (29/10/2020)Kompas.com/Wisang Seto Pangaribowo Suasana malioboro saat macet libur panjang kemarin Kamis (29/10/2020)

"Kebijakan tersebut semata-mata dilakukan dengan alasan kesehatan karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19,” kata Agus, Jumat (25/12/2020).

“Dengan tidak adanya larangan kendaraan masuk ke Malioboro, maka diharapkan arus kendaraan khususnya untuk wisatawan dari luar daerah bisa tetap mengalir,” lanjutnya.

Ia meminta wisatawan yang datang ke Malioboro Yogyakarta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 4M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

“Setelah Operasi Nataru (Natal dan Tahun Baru) berakhir, kebijakan larangan kendaraan masuk Malioboro akan kembali diberlakukan,” kata Agus.

Baca juga: Berkendara Jarak Jauh Akhir Tahun Jangan Abaikan Kondisi Wiper

Malioboro saat dibuka kembali untuk kendaraan bermotorKompas.com/Wisang Seto Pangaribowo Malioboro saat dibuka kembali untuk kendaraan bermotor

Adapun aturan giratori atau kebijakan jalan searah di sekitar kawasan Malioboro tetap diberlakukan. Jalan Suryotomo hingga Jalan Mataram searah ke utara, Jalan Pasar Kembang searah ke barat, Jalan Suprapto diberlakukan searah ke selatan, dan Jalan Peta tetap diberlakukan dua arah.

Untuk diketahui, wilayah Malioboro telah menjadi salah satu kawasan bebas kendaraan per November 2020 pada pukul 18.00 WIB - 21.00 WIB. Putusan tersebut diambil agar tak terjadi kepadatan mengingat pandemi Covid-19 masih membayangi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X