Hyundai Pertimbangkan Jual Mobil Keluarga Murah di Indonesia

Kompas.com - 25/12/2020, 12:22 WIB
Review Hyundai Kona Electric. SUV berpenggerak listrik dari Hyundai dengan banderol Rp 600 juta-an KOMPAS.COM / SETYO ADIReview Hyundai Kona Electric. SUV berpenggerak listrik dari Hyundai dengan banderol Rp 600 juta-an

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memulai penetrasi di pasar dalam negeri tahun ini melalui kendaraan listrik dan sport utility vehicle (SUV) kelas menengah.

Alasannya, supaya masyarakat bisa merasakan hal berbeda tanpa mengabaikan kebutuhan dan perkembangan teknologi dunia di samping tekad pabrikan agar menjadi 'game changer'.

"Jika kita melihat tren global, SUV itu tengah karena memiliki muatan yang lebih besar dan tangguh, cocok digunakan pada berbagai kontur jalan termasuk banjir," kata Makmur, Managing Director HMID saat ditemui, Rabu (23/12/2020).

Baca juga: Tahun Depan Hyundai Kirim 100 Unit Ioniq buat Jadi Mobil Dinas

Hyundai Santa Fe XG CRDi 2.2 Hyundai Santa Fe XG CRDi 2.2

"Kalau alasan menghadirkan mobil listrik murni, tentu untuk mendukung program pemerintah yang tertuang dalam Perpes 55/2019," ucap dia.

Untuk diketahui, Hyundai Indonesia saat ini memasarkan model Santa Fe, Kona, Ioniq EV, Kona EV, dan Palisade. Secara umum, banderol mobil tersebut berada di kisaran Rp 400 juta ke atas.

"Bila ditanya mengapa memulai penetrasi dengan SUV bukan mobil keluarga murah, karena strategi kita seperti itu. Sudah ada roadmap-nya. Tentu, ini mempertimbangkan tren dan kebutuhan masyarakat," ujar Makmur.

Baca juga: [VIDEO] Menjajal SUV Premium Korsel Hyundai Palisade Signature AWD

Akan tetapi, bukan berarti Hyundai mengabaikan pasar dimaksud. Sebab MPV murah masih menjadi segmen paling gemuk di Indonesia.

"Segmen menengah ke bawah dan menengah ke atas itu mirip-mirip. Tapi kapan timing menghadirkannya, itu kan perlu strategic serta product plan. Itu yang kita atur, bertahap," ujar Makmur.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X