Keberhasilan Tesla Berhasil Buat Mata Dunia Tertuju pada Mobil Listrik

Kompas.com - 25/12/2020, 09:02 WIB
Ilustrasi Pabrik Tesla di AS reuters.comIlustrasi Pabrik Tesla di AS

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar otomotif Amerika Serikat yang terkenal dengan mobil bermesin besar dengan konsumsi bahan bakar fosil yang boros, lambat laun bakal tergantikan oleh mobil listrik.

Terlebih karena kesuksesan perusahaan startup asal Amerika Serikta, Tesla yang dulu sempat goyah kini menguntungkan. Tahun ini saja, perusahaan besutan Elon Musk itu mendapatkan keuntungan hingga lebih dari 600 miliar dollar AS.

Keuntungan Tesla tentu membuat pabrikan otomotif lainnya mulai tertarik atau merasa dipecundangi oleh pemain baru. Dua raksasa otomotif AS, General Motors dan Ford bahkan mulai berinvestasi besar-besaran pada kendaraan listrik.

Baca juga: Avanza Bukan Lagi Mobil Terlaris, Digeser Brio dan Carry

Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikattheverge.com Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikat

Dilansir dari Reuters, Tesla telah menjadi perusahaan otomotif dengan valuasi lebih dari gabungan lima grup produsen kendaraan global terlaris.

Hasil ini membuat para pemimpin politik di seluruh dunia sampai punya rencana untuk mulai menghentikan secara bertahap kendaraan dengan mesin bakar internal pada awal 2030.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pandemi Covid-19 yang menurunkan angka penjualan dan keuntungan dari bisnis mobil konvensional, telah membuat investor mulai berpaling untuk mendanai kendaraan listrik.

Baca juga: Kurang Puas, Hyundai Indonesia Mau Hadirkan Kejutan Tahun Depan

Ilustrasi pabrik mobilwww.caradvice.com.au Ilustrasi pabrik mobil

Selain itu, pemulihan cepat China dari dampak pandemi turut memberikan tarikan yang lebih kuat pada investasi mobil listrik.

Kesuksesan Tesla secara perlahan bahkan telah membuat biaya baterai kendaraan listrik dapat segera mencapai keseimbangan dengan teknologi mesin bakar internal.

Namun masih harus dilihat, apakan konsumen siap meninggalkan mobil dengan mesin bakar internal. Terlebih di AS, truk pikap dan SUV berbahan bakar minyak masih jadi yang paling banyak dipilih.

Belakangan, mobil-mobil konvensional ini juga berhasil mendorong pemulihan bagi sejumlah industri otomotif di Detroit, yang terpaksa harus tutup karena pandemi sejak musim semi 2020.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.