Vaksin Covid-19 Asa Baru Industri Otomotif di 2021

Kompas.com - 23/12/2020, 07:12 WIB
Kanada telah mendapatkan cukup vaksin untuk memvaksinasi seluruh penduduknya sebanyak lima kali. REUTERS via BBC INDONESIAKanada telah mendapatkan cukup vaksin untuk memvaksinasi seluruh penduduknya sebanyak lima kali.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski menjelang akhir tahun pasar mobil Indonesia mulai merangkak naik, tapi tak bisa dipungkiri bila 2020 menjadi tahun yang kelam bagi industri otomotif.

Namun demikian, sebagai memproyeksi pada 2021 pasar akan mulai menggeliat kembali, terlebih dengan adanya vaksin Covid-19 yang sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan diberikan kepada masyarakat secara gratis.

Amelia Tjadra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), berharap adanya vaksin akan membuat kondisi di Tanah Air semakin membaik, terutama dalam perekonomian.

Baca juga: Isuzu Harap Hadirnya Vaksin Bisa Rangsang Pertumbuhan Otomotif

Daihatsu Ayla R Deluxe AT 2020Dok. Humas Daihatsu/Rianto Prasetyo Daihatsu Ayla R Deluxe AT 2020

"Semoga vaksi yang akan didistribusikan tahun depan bisa memberikan efek keperekonomian di Indoensia. Tapi sebenarnya bukan hanya sekadar hadirnya vaksin saja, tapi juga hal lainnya," ucap Amel beberapa waktu lalu.

Menurut Amel, selain dari vaksi, faktor penentu yang tak kalah penting dari membaiknya kondisi ekonomi adalah dari sisi sosial politik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila kondisi politik Indonesia di 2021 mulus dan terkendali, tidak ada isu-isu, atau hal yang negatif, maka bisnis akan kembali berjalan dengan baik.

Sales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Sales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini.

Hal ini juga diucapkan oleh Donny Saputra, Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Menurut Donny, ada beberapa harapan ketika vaksin Covid-19 hadir di Indonesia.

Baca juga: Prediksi Daihatsu Pasar Tahun Depan Lebih Baik dari 2020

Walau secara dampak tak langsung menyentuh sektor otomotif, namun paling tidak efek kelanjutannya bisa memberikan angin segar.

"Secara langsung sih tidak, tapi adanya vaksin pasti menjadi trigger. Membuat masyarakat kembali beraktivitas dan membuat perekonomian bergerak lagi," ucap Donny kepada Kompas.com, Minggu (20/12/2020).

Suzuki XL7 rajai penjualan Low SUV pada Juli 2020SIS Suzuki XL7 rajai penjualan Low SUV pada Juli 2020

"Vaksi ini jadi secercah harapan lah, nantinya dengan ekonomi yang membaik akan membuat pasar kembali terangsang dan meningkatkan daya beli," kata dia.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X