Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Vaksin Covid-19 Asa Baru Industri Otomotif di 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski menjelang akhir tahun pasar mobil Indonesia mulai merangkak naik, tapi tak bisa dipungkiri bila 2020 menjadi tahun yang kelam bagi industri otomotif.

Namun demikian, sebagai memproyeksi pada 2021 pasar akan mulai menggeliat kembali, terlebih dengan adanya vaksin Covid-19 yang sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan diberikan kepada masyarakat secara gratis.

Amelia Tjadra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), berharap adanya vaksin akan membuat kondisi di Tanah Air semakin membaik, terutama dalam perekonomian.

"Semoga vaksi yang akan didistribusikan tahun depan bisa memberikan efek keperekonomian di Indoensia. Tapi sebenarnya bukan hanya sekadar hadirnya vaksin saja, tapi juga hal lainnya," ucap Amel beberapa waktu lalu.

Menurut Amel, selain dari vaksi, faktor penentu yang tak kalah penting dari membaiknya kondisi ekonomi adalah dari sisi sosial politik.

Bila kondisi politik Indonesia di 2021 mulus dan terkendali, tidak ada isu-isu, atau hal yang negatif, maka bisnis akan kembali berjalan dengan baik.

Hal ini juga diucapkan oleh Donny Saputra, Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Menurut Donny, ada beberapa harapan ketika vaksin Covid-19 hadir di Indonesia.

Walau secara dampak tak langsung menyentuh sektor otomotif, namun paling tidak efek kelanjutannya bisa memberikan angin segar.

"Secara langsung sih tidak, tapi adanya vaksin pasti menjadi trigger. Membuat masyarakat kembali beraktivitas dan membuat perekonomian bergerak lagi," ucap Donny kepada Kompas.com, Minggu (20/12/2020).

"Vaksi ini jadi secercah harapan lah, nantinya dengan ekonomi yang membaik akan membuat pasar kembali terangsang dan meningkatkan daya beli," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/23/071200115/vaksin-covid-19-asa-baru-industri-otomotif-di-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke