Pertamina Optimasi Layanan Pesan Antar di Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 21/12/2020, 11:42 WIB
Pelayanan pesan-antar (via motor) merupakan salah satu bentuk layanan Pertamina untuk memudahkan transaksi jual-beli BBM kepada masyarakat. (Dok. Pertamina) Pelayanan pesan-antar (via motor) merupakan salah satu bentuk layanan Pertamina untuk memudahkan transaksi jual-beli BBM kepada masyarakat.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur Natal dan tahun baru 2020-2021, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) telah membentuk Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru.

Satgas tersebut mulai berjalan sejak 7 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021 di fasilitas Pertamina yang berada di ruas Tol Trans-Jawa, tepatnya pada rest area di Km 102, 379, dan 429 arah Jakarta menuju Surabaya.

Kesiapan Pertamina menyambut musim liburan antaran terkait kesiapan pasokan BBM, mulai dengan menyiapkan BBM Modular di jalan tol, digitalisasi SPBU, sampai layanan pesan antar.

Menurut Jumali, Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga, Pertamina juga telah mengaktifkan tambahan-tambahan layanan seperti penempatan Pertashop di beberapa titik di jalan Tol Trans-Jawa sekaligus menyiagakan mobil tangki tambahan yang ditempatkan di SPBU sepanjang Tol Trans-Jawa.

Baca juga: Ingat, Hari Ini Tol Jagorawi Terapkan Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas

Satgas Pertamina di Trans Jawa Pertamina Satgas Pertamina di Trans Jawa

"Kedua tambahan pelayanan tersebut dimaksudkan sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan permintaan maupun memecah antrean agar protokol kesehatan tetap terjaga. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan motorist maupun mobilist yang bisa dijangkau melalui kontak Pertamina 135," kata Jumali dalam keterangan resminya, Minggu (20/12/2020).

Sementara itu, Komisaris PT Pertamina Patra Niaga Agus Cahyono Adi yang juga bertindak sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian ESDM memberikan apresiasinya, terutama soal kesiapan digitalisasi ketahana sok BBM.

"Seiring dengan perkembangan teknologi, ketahanan stok BBM juga dapat dioptimalkan dengan memanfaatkan teknologi atau digitalisasi SPBU dan Kementerian ESDM tentunya akan terus mendukung Pertamina dalam proses optimalisasi digitalisasi tersebut," kata Agus.

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap.

Pertamina berupaya untuk memenuhi kebutuhan akan BBM bagi masyarakat yang akan bergi berlibur atau mudik di musim libur Natal dan tahun baru. Khusus di ruas Tol Trans-Jawa, kesiapannya sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Arya Yusa Dwicandra, Pjs. Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina JBT, menjelaskan, layanan tambahan pada masa Satgas Nataru sudah tersedia di sepanjang Tol Trans-Jawa mulai dari Km 252 hingga Km 259.

Baca juga: Liburan Pakai Mobil Pribadi Wajib Sertakan Hasil Rapid Test Antigen?

"Saat ini, di ruas tol A (Jakarta menuju Surabaya), terdapat SPBU regular di Kilometer 379, 429, dan 519, serta di ruas tol B (Surabaya menuju Jakarta) di Kilometer 519, 389, 360, dan 260. Selain itu, kami menambah layanan pengisian BBM berupa SPBU modular dan Pertashop di 9 titik, yaitu di Km 252, 275, 338, 456, dan 519 pada ruas A, serta Km 252, 294, 456, dan 519 pada ruas B," ujar Arya.

Tak hanya itu, Arya menambahkan untuk wilayah JBT ada beberapa penambahan lain yang telah disiapkan. Mulai dari tiga mobil siaga, di pintu keluar Tegal, Weleri, dan Salatiga yang berjaga terdahal kebutuhan isi BBM di jalan tol.

Sedangkan petugas pesan antar dengan motor totalnya berjumlah 40 motoris untuk di luar jalan tol dan tujuh di dalam area Tol Trans-Jawa guna memecah antrean di SPBU yang ada di rest area. Sebanyak 47 SPBU kantong dengan kapasitas mobil tangki juga disiagakan di titik-titik SPBU yang merupakan jalur mudik dan area wisata.

Satgas Pertamina di Trans JawaPertamina Satgas Pertamina di Trans Jawa

Lebih lanjut, Arya mengatakan, Pertamina juga mengoptimalisasi digitalisasi pelayanan, khususnya di fasilitas penyalusan SPBU. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat serta transparansi juga optimalisasi penyaluran BBM.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Perjalanan Semua Moda Transportasi di Musim Libur

"Saat ini di Pertamina Jawa Bagian Tengah, sebanyak 90 persen SPBU telah terdigitalisasi mulai dari sistem pembayaran, penyaluran, maupun kesiapan stok. Dengan demikian, pelayanan terhadap konsumen menjadi lebih optimal," ucap Arya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X