Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2021, Pertamina Bentuk Tim Satgas

Kompas.com - 16/12/2020, 15:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I tengah mempersiapkan strategi penyaluran yang optimal guna memenuhi kebutuhan energi selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Melalui keterangan tertulis, perseroan telah membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) yang bertugas memantau penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dan LPG selama 7 Desember 2020 hingga 7 Januari 2021.

"Jelang libur natal dan tahun baru, tim Satgas kita akan bertugas memantau penyaluran dan kelancaran distribusi BBM serta LPG," kata Executive General Manager Regional Sumbagut, Herra Indra Wirawan, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Operasi Lilin 2020, Fokus pada Tindak Pidana

Ilustrasi SPBU PertaminaHumas Pertamina region III Ilustrasi SPBU Pertamina

Ia menjelaskan upaya Pertamina dalam pengamanan pasokan BBM dan LPG yakni dengan meningkatkan stok BBM dan LPG, penambahan mobil tangki dan SPBU Kantong, menyediakan layanan khusus di lokasi yang tidak ada fasilitas pelayanan BBM melalui BBM kemasan di SPBU.

“Ini dilakukan untuk memastikan ketersedian stok BBM di beberapa titik padat wisata dan mudik. Daerah wisata dan lintas jalur mudik yang rawan kemacetan itu perjalanan ke daerah wisata misalnya Berastagi, Tebing Tinggi dan Danau Toba. Jalan lintas Medan hingga Rantau Prapat juga padat selama liburan,” ujar dia.

Khusus di Sumatera Utara, Pertamina MOR I mengoperasikan 10 (sepuluh) SPBU Kantong yakni 6 (enam) di wilayah Medan dan 4 (empat) di wilayah Sibolga.

SPBU Kantong di Medan di antaranya SPBU 14.211.214 Parapat, Kabupaten Simalungun, SPBU 14.221.286 Kabanjahe, Kabupaten Karo, SPBU 14.222.236 Sidikalang, Kabupaten Dairi, SPBU 14.223.328 Pangururan, Kabupaten Samosir, SPBU 14.222.308 Doloksanggul, Kabupaten Humbahas, serya SPBU 14.212.268 Air Batu, Kabupaten Asahan.

Baca juga: Isuzu Harap Hadirnya Vaksin Bisa Rangsang Pertumbuhan Otomotif

Kendaraan truk pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina sedang terparkir di salah satu SPBU di Indonesia.(Dok. Pertamina) Kendaraan truk pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina sedang terparkir di salah satu SPBU di Indonesia.

Sedangkan SPBU Kantong di Sibolga yaitu SPBU 14.224.307 Kelurahan Situmeang Habinsaran Kabupaten Tapanuli Utara, SPBU 14.223.301, Jalan Sisingamaraja Kelurahan Balige I, Kabupaten Toba Samosir, SPBU 14.227.333 Jalan Raya Lintas Sumatera DS Simirik, Kabupaten Tapanuli Selatan, dan SPBU 14.227.312 KM 9, Jalan Raya P. Sidempuan Penyambung, Kota Padang Sidempuan.

Selain itu, tersedia juga motor kemasan di lima SPBU di Kota Medan dan empat SPBU di Sibolga. Kemudian layanan BBM dioperasikan sebanyak dua SPBU di Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi, yakni di km 56A dan km 56 B.

“Kita juga membentuk posko Satgas di Kantor Region Cabang, TBBM dan Depot LPG agar menjamin ketersedian dan kelancaran distribusi BBM dan LPG dengan berkoordinasi bersama Polri, ESDM, dan BPH Migas,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com