Maruti Suzuki Mulai Uji Coba Produksi Jimny di India

Kompas.com - 21/12/2020, 08:22 WIB
Suzuki Jimny terpantau mulai diproduksi oleh Maruti Suzuki di India. indianautosblog.comSuzuki Jimny terpantau mulai diproduksi oleh Maruti Suzuki di India.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kabar soal produksi Suzuki Jimny di India akhirnya benar-benar menjadi kenyataan. Jelang peluncurannya yang direncanakan pada 2021, Maruti Suzuki tertangkap kamera telah memproduksi beberapa unit SUV kompak ini.

Dilansir dari Indianautosblog, sebanyak 50 unit Jimny tiga pintu berhasil diproduksi dari fasilitas perakitan Gurugram. Mobil-mobil ini dirakit secara CKD dengan komponen impor dari Jepang.

Laporan tersebut mengatakan, kegiatan ini menjadi bagian dari uji coba perusahaan sebelum benar-benar memproduksi Jimny dalam skala besar di India.

Baca juga: Operasi Lilin 2020, Polisi Bakal Razia Rest Area

Suzuki JimnyKOMPAS.com / Stanly Suzuki Jimny

Jimny akan dirakit menggunakan jalur produksi yang sama dengan yang digunakan Maruti Gypsy, SUV dengan konstruksi body-on-frame.

Sementara mesin akan memakai unit K15B berkapasitas 1.500 cc yang sudah banyak dipakai oleh Vitara Brezza, Ciaz, hingga Ertiga.

Bedanya, mesin Jimny akan dipasang secara longitudinal dan mengusung penggerak empat roda untuk mendukungnya bergerak di medan offroad.

Baca juga: Banyak yang Belum Paham, Ini Bedanya Berhenti dan Parkir

Ilustrasi Suzuki Jimny Long Wheelbase dengan 5 pintuIstimewa Ilustrasi Suzuki Jimny Long Wheelbase dengan 5 pintu

Rencananya, India akan menjadi bagian dari basis produksi Jimny di dunia. Menemani pabrik Jepang yang saat ini kewalahan memenuhi permintaan Jimny di dunia.

Jimny tiga pintu bakal disiapkan untuk pasar ekspor. Sementara Jimny versi lima pintu juga akan disiapkan untuk memenuhi pasar lokal.

Maruti Suzuki mengungkapkan bahwa pasar India lebih membutuhkan Jimny lima pintu ketimbang tiga pintu.

Meskipun bakal ada biaya tambahan dan waktu lebih lama yang diperlukan untuk merekayasa ulang SUV kompak ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X