Hitung Konsumsi BBM All New Scoopy buat Berkendara Harian

Kompas.com - 21/12/2020, 09:02 WIB
All New Honda Scoopy KOMPAS.com/GilangAll New Honda Scoopy

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda Scoopy meluncur dengan banyak pembaruan. Salah satunya ialah mengusung mesin baru 110cc serupa punya Beat dan Genio.

Di atas kertas, jantung pacu 109 cc SOHC dengan bore 47 mm dan stroke 63.1 mm mampu menghasilkan tenaga sebesar 9 PS pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Baca juga: Kupas Fitur Andalan Honda Scoopy 2020

All New Honda ScoopyKOMPAS.com/Gilang All New Honda Scoopy

Karena mesin Scoopy serupa dengan Beat dan Genio, Kompas.com mencoba mencari rata-rata konsumsi bahan bakarnya. Untuk diketahui, sebelumnya konsumsi BBM Genio yang didapat ialah 54,33 km per liter.

Dalam tes ini, Kompas.com memakai metode full to full (FTF). Metode ini berbeda dari cara penghitungan Honda yang memakai metode lebih terukur dan komprehensif, yaitu ECE-R40.

Cara menghitung metode FTF ialah selisih jarak dibagi pemakaian bensin. Jarak 531 km dikurangi 390 km yaitu 141 km. Kemudian, dibagi dengan pemakaian bensin 2,415 liter, hasilnya 58,38 km per liter.

Baca juga: Kencan Harian dengan Honda Scoopy 2020

All New Honda ScoopyKOMPAS.com/Gilang All New Honda Scoopy

Hasil tes Kompas.com kali ini mendekati dengan perhitungan digital yang sudah disediakan Scoopy, yaitu AVG atau rata-rata konsumsi BBM yakni 60,6 km per liter.

Adapun hasil konsumsi bahan bakar Scoopy baru lebih baik ketimbang Genio karena lebih banyak dipakai saat jalan tidak terlalu ramai, sehingga tensi buka tutup gas tidak terlalu banyak.

Saat mengetes konsumsi BBM Scoopy, Kompas.com juga menyalakan fitur idling stop system (ISS) agar lebih efisien. Gaya berkendaranya biasa saja, tetapi sebisa mungkin indikator ECO menyala.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X