Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hitung Konsumsi BBM All New Scoopy buat Berkendara Harian

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Honda Scoopy meluncur dengan banyak pembaruan. Salah satunya ialah mengusung mesin baru 110cc serupa punya Beat dan Genio.

Di atas kertas, jantung pacu 109 cc SOHC dengan bore 47 mm dan stroke 63.1 mm mampu menghasilkan tenaga sebesar 9 PS pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Karena mesin Scoopy serupa dengan Beat dan Genio, Kompas.com mencoba mencari rata-rata konsumsi bahan bakarnya. Untuk diketahui, sebelumnya konsumsi BBM Genio yang didapat ialah 54,33 km per liter.

Dalam tes ini, Kompas.com memakai metode full to full (FTF). Metode ini berbeda dari cara penghitungan Honda yang memakai metode lebih terukur dan komprehensif, yaitu ECE-R40.

Cara menghitung metode FTF ialah selisih jarak dibagi pemakaian bensin. Jarak 531 km dikurangi 390 km yaitu 141 km. Kemudian, dibagi dengan pemakaian bensin 2,415 liter, hasilnya 58,38 km per liter.

Hasil tes Kompas.com kali ini mendekati dengan perhitungan digital yang sudah disediakan Scoopy, yaitu AVG atau rata-rata konsumsi BBM yakni 60,6 km per liter.

Adapun hasil konsumsi bahan bakar Scoopy baru lebih baik ketimbang Genio karena lebih banyak dipakai saat jalan tidak terlalu ramai, sehingga tensi buka tutup gas tidak terlalu banyak.

Saat mengetes konsumsi BBM Scoopy, Kompas.com juga menyalakan fitur idling stop system (ISS) agar lebih efisien. Gaya berkendaranya biasa saja, tetapi sebisa mungkin indikator ECO menyala.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/21/090200015/hitung-konsumsi-bbm-all-new-scoopy-buat-berkendara-harian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke