Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sebarangan Lepas Aki Mobil Sendiri

Kompas.com - 15/11/2020, 12:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan pergantian aki (accu) mobil memang bisa dilakukan secara mandiri di rumah karena tidak cukup rumit. Pemilik hanya perlu melepas kabel di kutub negatif dan positifnya sebelum memindahkan komponen terkait.

Tetapi, jika pergantian akumulator dilakukan tanpa pengetahuan dan ketelitian, ada efek yang terjadi pada mobil, mulai memori audio dan jam di kabin kereset sampai korsleting.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, ada perbedaan perlakuan ketika melepas dan juga memasang aki terkhusus ketika mencopot kabel yang ada di sisi-sisinya.

Baca juga: Efek Buruk Kendaraan Kompresi Rendah Pakai BBM Oktan Tinggi

Ilustrasi pemasangan aki mobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi pemasangan aki mobil

"Dahulukan kabel yang ada di pole kutub negatif, setelahnya baru kabel di pole kutub positif,” ujar Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Dengan cara itu maka akan lebih aman dan untuk menghindari terjadinya korsleting pada kelistrikan. Kemudian saat akan memasang, Didi mengatakan, tahapan yang dilakukan berbalikan dengan saat melepas.

Pertama pasang dulu kabel di pole positif, baru dilanjutkan dengan memasang kabel di pole negatif. Sebab, jika melakukan pemasangan kabel aki didahulukan di pole negatif, maka potensi kabel positif tersentuh bodi yang bisa menyebabkan terjadinya korsleting terbuka lebar.

"Tapi hati-hati dengan mobil yang modern, karena semakin canggih teknologi mesin semakin banyak yang berpotensi error jika pemasangan atau pencopotan aki tidak benar," kata Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna dalam kesempatan terpisah.

Suparna mengatakan, ada beberapa kasus saat mencopot aki, sistem audio menjadi terkunci, jadi tidak bisa digunakan. Ada juga yang membuat sistem power window terganggu, putaran mesin yang tidak stasioner, bahkan sliding door otomatis yang jadi error.

Baca juga: Jika Premium Dihapus, Amankah Mobil Lawas Minum BBM Oktan Tinggi?

Beberapa jenis aki mobil.Kompas.com/Alsadad Rudi Beberapa jenis aki mobil.

“Power window punya modul tersendiri, kalau tidak ada aliran listrik dari aki, bisa error. Biasanya terjadi pada pintu sliding dan kaca yang semuanya sudah otomatis. Jadi perlu disetel ulang kalau asal cabut aki dari mobil,” ucap Suparna.

"Maka, langkah-langkah tentang aki patut dipahami sebelum melakukannya sendiri," lanjut dia.

Didi menyarankan, saat melakukan penggantian aki sendiri di rumah agar tetap memperhatikan ukuran aki. Mulai dari voltase, ampere dan juga dimensinya.

“Sebaiknya aki yang digunakan atau aki baru sesuai dengan yang diganti atau sesuai dengan bawaan pabrikan,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com