Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Motor Listrik yang Kehadirannya Ditunggu di Indonesia

Kompas.com - 18/12/2020, 13:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan sepeda motor listrik semakin banyak sekarang ini. Meski demikian, beberapa pabrikan besar masih terlihat enggan menawarkan modelnya di Indonesia.

Kelima pabrikan tersebut, yakni Honda, Yamaha, Kymco, Vespa, dan Harley-Davidson. Kelimanya masih sangsi untuk memasarkan produk tersebut.

Berikut ini 5 pabrikan dengan motor listriknya yang belum dijual ke pasaran.

Baca juga: Kekhawatiran Orang bila Pindah ke Motor Listrik

1. Honda - PCX Electric

PCX ElectricFoto: Istimewa PCX Electric

PT Astra Honda Motor (AHM) sudah memerkenalkan motor listriknya ke pasaran, namun belum juga dipasarkan. AHM masih sebatasnya menyewakannya, itupun untuk kebutuhan fleet, tidak bisa disewa perorangan.

Menurut Honda, harga PCX Electric masih terlalu mahal saat ini. Motor listrik tersebut sekarang ini juga dipakai oleh beberapa armada ojek online.

Baca juga: Cara Akali Baterai Motor Listrik untuk Perpanjang Usia Pakai

2. Yamaha E-Vino

Yamaha E-Vino.Febri Ardani/KompasOtomotif Yamaha E-Vino.

Pada 2017 lalu, Yamaha juga sudah memerkenalkan motor listrik andalannya, yakni E-Vino. Saat itu, disebutkan bahwa Yamaha masih melakukan uji pasar terlebih dahulu dengan menggandeng beberapa institusi.

Hingga akhir 2020, belum ada tanda-tanda bahwa pabrikan berlogo garpu tala tersebut siap memasarkan E-Vino. Motor listrik ini diklaim mampu menempuh jarak 33 km dalam kondisi baterai penuh. Kecepatan maksimumnya mencapai 44 kilometer per jam.

3. Kymco - Like EV

Kymco Like EVKymco Kymco Like EV

Di Eropa, Kymco sudah memerkenalkan motor listrik Like EV. Basisnya sama seperti Like 150i dengan mesin konvensional yang dipasarkan di Indonesia.

Belum lama ini, Kymco juga menggandeng perusahaan ojek online dan membekali beberapa armadanya dengan menggunakan Like EV. Motor listrik ini memiliki tenaga maksimum hingga 3,2 kW dengan torsi mencapai 124 Nm.

4. Vespa - Elettrica

New Vespa ElettricaFoto: Motocycle.com New Vespa Elettrica

Vespa terkenal dengan jajaran skutiknya yang memertahankan desain retro dan klasik. Tak terkecuali dengan motor listriknya, yakni Elettrica.

Di beberapa negara di Eropa, Elettrica sudah dipasarkan. Motor listrik tersebut diklaim memiliki tenaga maksimum hingga 4 kW dan mampu menjelajah hingga 100 km dengan kondisi baterai penuh.

5. Harley-Davidson - LiveWire

Harley-Davidson Livewire sedang dites di New York, Amerika Serikat.motorcycle Harley-Davidson Livewire sedang dites di New York, Amerika Serikat.

Harley-Davidson tak hanya piawai dalam membuat motor gede (moge). Pabrikan motor legendaris asal Milwaukee, Amerika Serikat, ini juga sudah memiliki motor listrik.

LiveWire yang sudah dipasarkan di beberapa negara ini memiliki tenaga maksimum mencapai 55 kW dengan torsi 71 Nm. Jarak tempuhnya dengan kondisi baterai penuh diklaim mencapai 180 km. Sementara top speed-nya, sanggup tembuh 180 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com