Tips Mudah Merawat Mobil Transmisi Matik untuk Pemula

Kompas.com - 16/12/2020, 06:38 WIB
Ilustrasi servis mobil oleh Bengkel Resmi Honda DOK. HONDA PROSPECT MOTORIlustrasi servis mobil oleh Bengkel Resmi Honda
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bertransmisi otomatis atau matik memang menjadi kendaraan roda empat yang paling diminati sekarang ini.

Kemudahan dalam pengoperasiannya menjadi salah satu pertimbangan tersendiri bagi para pemiliknya. Apalagi, bagi mereka yang tinggal di daerah dengan kondisi lalu lintas yang padat dan sering terjadi kemacetan.

Maka dengan menggunakan mobil matik pemilik bisa lebih nyaman saat berkendara, karena tidak perlu sering memindahkan gigi transmisi atau menginjak pedal gas.

Untuk menjaga agar mobil tetap nyaman saat digunakan dan tidak banyak permasalahan, perawatan rutin wajib dilakukan.

Baca juga: Mengapa STNK Kendaraan yang Sudah Dijual Perlu Diblokir?

Menjaga kesehatan mobil matik tidak harus selalu dibawa ke bengkel, tetapi bagi pemilik yang awam pun juga bisa melakukan perawatan sendiri di rumah.

Dipstick oli pada mesin mobilwww.knowyourparts.com Dipstick oli pada mesin mobil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hermas Efendi Prabowo, Owner bengkel spesialis Worner Matic, mengatakan, ada beberapa perawatan mobil matik bisa dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan.

“Misalkan dengan melakukan pengecekan kondisi oli mesinnya, caranya dengan menggunakan dipstick atau stik yang digunakan untuk mengukur volume pelumasnya,” kata Hermas saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/12/2020).

Untuk mobil matik, Hermas melanjutkan, pengecekan oli sebaiknya dilakukan setelah mesin mobil dinyalakan. Dengan begitu, maka bisa mengetahui kondisi oli serta volume oli yang tersisa di ruang mesin.

Baca juga: Begini Cara Mudah Blokir STNK Tanpa Harus ke Samsat

“Kemudian, perawatan yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan melakukan pengecekan kondisi akinya. Aki merupakan komponen yang sangat vital pada mobil matik, jadi harus dipastikan kondisinya tetap bagus,” ucapnya.

Selain itu, Hermas menambahkan, volume minyak rem juga perlu dipantau untuk memastikan kinerja sistem pengereman bisa optimal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X