Laksana Rilis Tiga Bus Baru Milik PO Adhi Putra

Kompas.com - 13/12/2020, 07:41 WIB
Bus AKAP PO Adhi Putra Karoseri LaksanaBus AKAP PO Adhi Putra

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) asal Sulawesi Selatan, PO Adhi Putra merilis bus barunya dari karoseri Laksana. Sebelumnya PO Adhi Putra ini adalah pembeli bus Suites Class Laksana pada gelaran GIICOMVEC Maret lalu.

Kali ini, PO Adhi Putra merilis tiga bus dengan bodi Legacy SR2 HD Prime S Series dengan sasis Hino. Dua bus pertama memiliki livery yang sama, hanya ada di perbedaan warna, hijau dan merah. Sedangkan satu lagi berkelir kuning dengan grafis biru.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, ketiga bus memakai sasis yang sama, yaitu Hino RK8, namun untuk yang hijau dan merah, dilakukan ubahan pada suspensinya.

Baca juga: Babak Baru Konsumen Gugat DFSK Rp 8,9 M, Dibuka Posko Pengaduan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Yang hijau dan merah itu memakai Hino RK dengan modifikasi air suspension by Laksana. Sedangkan yang kuning masih standar, non air suspension,” ucap Werry kepada Kompas.com, Sabtu (12/12/2020).

Membahas tampilan luarnya, untuk bodi dengan grafis hijau dan merah, memiliki bagian yang dicat hitam di bawah kaca sampingnya. Grafis ini uniknya membuat tampilannya seperti bus tingkat yang memiliki kaca bertumpuk.

Sedangkan untuk bus yang berwarna kuning, Werry mengatakan kalau unit tersebut bekas PO MIT. PO Adhi Putra sendiri membelinya tanpa kursi untuk yang unit yang berwarna kuning ini.

Baca juga: Yamaha Fino Tipe Premium Punya 3 Warna Baru, Terinspirasi Kopi

Kursi bus AKAP PO Adhi PutraKaroseri Laksana Kursi bus AKAP PO Adhi Putra

“Untuk unit yang hijau, konfigurasi kursinya dua di kanan dan satu di kiri (2-1) sedangkan yang merah susunannya 2-2,” kata Werry.

Untuk konfigurasi 2-1, memakai kursi buatan Rimba Kencana yang Super Executive. Kursi tersebut dilengkapi dengan leg rest dan ada port USB untuk mengisi daya telepon genggam.

Kemudian untuk fasilitas dari kabinnya cukup standar, seperti TV, AC namun tanpa toilet. Bus-bus yang ada di Sulawesi memang terkenal jarang memberi fasilitas berupa toilet di kabinnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.