Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik Konsep Bio Smart & Safe Bus Milik PO Sumber Alam

Kompas.com - 07/12/2020, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Laksana baru saja merilis bus bernama Bio Smart & Safe Bus. Bus terbaru ini merupakan penyempurnaan dari konsep Social Distancing Bus yang sebelumnya meluncur awal Juli 2020.

Komponen yang ditambah pada Social Distancing Bus ini, adalah ubahan desain sirkulasi udara pada kabin, penggunaan material Nano Silver pada komponen, dan penggunaan masker herbal yang dibagikan untuk penumpang.

Pemilik pertama kendaraan dengan konsep Bio Smart & Safe Bus masih sama seperti saat Social Distancing Bus diperkenalkan, yaitu PO Sumber Alam. Lalu bagaimana awal mula konsep Bio Smart & Safe Bus ini dicetuskan?

Baca juga: MPV Bekas Rp 70 Jutaan Awal Bulan Ini, Ada Avanza, Innova Hingga Stream

Kabin bus AKAP PO Sumber AlamKaroseri Laksana Kabin bus AKAP PO Sumber Alam

Pemilik PO Sumber Alam Anthony Steven Hambali mengatakan, proses terciptanya konsep Bio Smart & Safe Bus ini memang sudah lama, saat Social Distancing Bus masih dalam pengerjaan di karoseri.

“Saat Social Distancing Bus sedang digarap, kami tahu kalau social distancing saja tidak cukup. Harus memikirkan langkah selanjutnya dalam menciptakan transportasi yang benar-benar membawa rasa aman dan nyaman,” ucap Anthony kepada Kompas.com, Minggu (6/12/2020).

Kemudian, Anthony memiliki konsep untuk mengatur bagaimana sirkulasi udara di kabin menjadi lebih bersih. Jadi virus yang berkeliaran di dalam kabin dapat terarah dan tersaring dengan baik.

Baca juga: Kursi Bus Spesial Milik PO Rosalia Indah

Bus AKAP PO Sumber AlamYoutube/Laksanabus Bus AKAP PO Sumber Alam

“Selama ini kan AC bus menyedotnya dari atas dan keluarnya AC juga dari atas kepala penumpang, jadi ada turbulensi udara. Jadi saya punya ide, untuk memindahkan penyedotnya ke bawah,” kata Anthony.

Jadi udara yang disembur dari louver AC bisa langsung turun dan disedot dari inlet AC yang ada di bawah. Setelah disedot, lalu disaring dan dikeluarkan lagi sudah berupa udara yang lebih bersih.

Baca juga: Mengenal Volta, Merek Motor Listrik Asal Semarang

“Lalu mulai akhir bulan Juli dirapatkan dengan serius ide ini bersama Laksana dan Universitas Diponegoro (Undip), dijembatani oleh Ketua KNKT, pak Soerjanto,” ucapnya.

Lalu idenya ini diwujudkan dalam bentuk Bio Smart & Safe Bus dengan posisi inlet AC yang ada di bawah. Selain itu juga hasil diskusi antara PO Sumber Alam, Laksana, Undip dan KNKT yaitu adanya pelapisan Nano Silver di berbagai komponen di kabin dan pemakaian masker herbal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com