Indonesia Punya Proving Ground, Bagaimana Tes Tabrak Mobil Murah?

Kompas.com - 11/12/2020, 16:32 WIB
Tes tabrak Kia PIcanto. Carscoops.comTes tabrak Kia PIcanto.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 2021, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan segera melakukan proyek pembangunan Proving Gorund uji kelaikan kendaraan di Bekasi. Diharapkan, fasilitas pengetesan tersebut akan beroperasi pada 2024 mendatang.

Total ada 15 fasilitas yang akan disediakan baik indoor maupun outdoor, beberapa diantarannya adalah laboratorium uji tabrak, kebisingan suara, rem, sampai emisi bahan bakar.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, keberadaan Proving Ground uji laik ini nantinya akan dipergunakan untuk semua kendaraan yang diproduksi di dalam negeri.

Baca juga: Proving Ground Bisa Melindungi Konsumen Otomotif Indonesia

Crash test Daihatsu Aylayoutube.com Crash test Daihatsu Ayla

"Semua kendaraan, tidak hanya mobil saja. Jadi sepeda motor, kendaraan roda tiga, kendaraan komersial termasuk bus itu akan diuji di Proving Ground ini baik yang untuk kebutuhan domestik atau pun memang ditujukan untuk ekspor," kata Budi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/12/2020).

Terkait mobil murah ramah lingkungan atau LCGC yang secara images memiliki struktur bodi lebih ringkih, Budi pun menjelaskan tidak ada pengecualian atau pembedaan dalam pengujiannya. Semua dilakukan sama seperi mobil lainnya.

"Sama saja, karena regulasinya nanti ikut standar internasional, bukan kita yang menentukan. Uji tabrak itu nanti pakai UNR R94 dan R95, kalau memang tidak lulus artinya kan musti ada pengembangan agar kulitasnya lebih baik lagi," ujar Budi.

Proving Ground Uji Kendaraan di BekasiKemenhub Proving Ground Uji Kendaraan di Bekasi

"Harapannya memang selain kita bisa melakukan pengujian dan sertifikasi terhadap kendaraan sebelum diporduksi massal, dengan Proving Ground ini bisa memberikan pembuktian bagi negara lain bila Indonesia tak hanya sekedar bisa produksi saja, tapi juga produknya terjamin dalam hal safety," kata dia.

Baca juga: Proving Ground Uji Tabrakan Kendaraan di Bekasi Terlengkap di ASEAN

Secara tidak langsung, Budi mengatakan Proving Ground ini akan menjadi standar baru bagi industri otomotif di Tanah Air yang nantinya secara kualitas produk bisa ditingkatkan lagi.

Proving Ground Uji Kendaraan di BekasiKemenhub Proving Ground Uji Kendaraan di Bekasi

Budi mengatakan ada 19 UNR pengujian yang akan diaplikasi. Baik dari segi pengujian dan fasilitas, jumlah yang dimiliki Proving Ground Indonesia diklaim terlengkap dan terbesar di ASEAN.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X