Polisi Tutup Jalur Puncak pada Malam Tahun Baru, Simak Jadwalnya

Kompas.com - 11/12/2020, 16:22 WIB
Kendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/p ARIF FIRMANSYAHKendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/p
|

BOGOR, KOMPAS.com – Menjelang libur natal dan tahun baru (Nataru) kepolisian mulai melakukan persiapan rekayasa lalu lintas semenjak jauh-jauh hari.

Seperti di kawasan jalur Puncak, Kabupaten Bogor, yang kerap jadi langganan lokasi wisata untuk menghabiskan waktu saat malam tahun baru.

Kasat Lantas Polres Bogor Iptu Dicky Anggi Pranata, mengatakan, pihaknya bakal menutup jalur Puncak pada 31 Desember 2020 – 1 Januari 2021.

Baca juga: Kendala yang Ditemui Bus AKAP Saat Lewati Sitinjau Lauik

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh TMC Polres Bogor (@tmcpolresbogor)

“Mulai jam 18.00 WIB (31 Desember 2020) sampai jam 06.00 WIB (1 Januari 2021), jalur puncak ditutup,” ucap Dicky, dalam keterangannya (11/12/2020).

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan mencegah penyebaran Covid-19 di sekitar daerah tersebut.

“Bagi yang akan ke Cianjur atau Bandung melalui jalur alternatif, mohon maaf atas ketidaknyamanannya” kata Dicky.

Baca juga: Pilihan Sedan Bekas Akhir Tahun, Corolla Altis dan Civic Rp 100 Jutaan

Giat penyekatan wilayah perbatasan di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, yang dilakukan beberapa waktu lalu menyusul pemberlakukan PSBB di wilayah Jabodetabek, beberapa waktu laluKOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Giat penyekatan wilayah perbatasan di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, yang dilakukan beberapa waktu lalu menyusul pemberlakukan PSBB di wilayah Jabodetabek, beberapa waktu lalu

Dicky menjelaskan, masyarakat yang ingin menuju Cianjur dapat melewati Tol Jagorawi, lalu keluar Exit Tol Cibubur.

Dari sana masyarakat bisa menuju ke Cileungsi, kemudian terus mengarah ke Jonggol-Cariu-Cikalong, dan berakhir di Cianjur.

Jalur alternatif Cibubur Cianjur via Jonggol ini dapat ditempuh dalam waktu 3 jam, dengan jarak tempuh 87 km.

Baca juga: Setelah 16 Tahun, Akhirnya Alasan Rossi Pindah dari Honda ke Yamaha Dibuka

Kemacetan kendaraan di jalur Puncak Cianjur, Jawa BaratKOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Kemacetan kendaraan di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin menuju Sukabumi bisa keluar Exit Tol Ciawi, kemudian terus ke arah Cicurug-Cibadak-Kota Sukabumi.

Jalur alternatif Ciawi-Cianjur ini dapat ditempuh selama 3 jam, dengan jarak tempuh 88 km.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X