Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Perhatikan 3 Area ini pada Mobil

Kompas.com - 11/12/2020, 13:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan tiba, pemilik mobil hendaknya melakukan perawatan ekstra untuk menjaga kondisi kendaraannya tetap prima. Ada beberapa area yang membutuhkan perhatian khusus di kala musim hujan.

Kondisi udara yang lembab hingga jalanan yang tergenang, membuat pemilik kendaraan harus melakukan perawatan ekstra agar tetap nyaman dan terjaga performanya saat berkendara.

Baca juga: Begini Cara Parkir Mobil di Luar Ruangan yang Benar Saat Musim Hujan

Untuk mencegah berbagai masalah mobil, seperti kerusakan pada lapisan cat mobil, interior, dan kaca berjamur, hingga korsleting pada sistem kelistrikan, pemilik mobil perlu memerhatikan beberapa area yang ada pada mobil.

Ilustrasi bercak air pada bodi mobilGridOto.com Ilustrasi bercak air pada bodi mobil

Saat pemilik masuk ke dalam mobil di kala hujan, tentu kondisi lantai mobil akan menjadi basah dan kotor. Maka itu, interior juga perlu diperhatikan kebersihannya.

Riecky Patrayudha, Service Department Head, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, kelembaban, debu, atau lumpur yang mengendap di atas dan bawah karpet kendaraan sangat berpotensi menimbulkan jamur dan karat pada mobil.

Baca juga: Cegah Kusam pada Bodi Mobil saat Musim Hujan

"Segera bersihkan karpet dan jaga selalu agar tetap kering. Apabila pemilik kendaraan membawa minuman atau benda cair lainnya, perhatikan tempat penyimpanannya agar terhindar dari tumpah dan bocor," ujar Riecky, dalam keterangan resminya.

Selain interior, wiper dan area kaca tak kalah penting untuk diperhatikan. Wiper merupakan salah satu komponen krusial saat musim hujan. Penggunaan wiper dapat membantu pandangan pengemudi saat kondisi hujan agar dapat menyetir lebih aman.

"Wiper dan kaca mobil pun perlu dirawat secara tepat dengan rutin mengecek elastisitas karet serta komponen wiper. Apabila karet wiper sudah keras dan mulai berdecit segera cek dan lakukan penggantian," kata Riecky.

Modifikasi sederhana wiper tegak ala JDMTEVCI Modifikasi sederhana wiper tegak ala JDM

Riecky menambahkan, kondisi kaca yang jernih juga sangat penting. Area permukaan kaca harus dibersihkan secara teratur untuk mencegah timbulnya jamur.

Pemilihan cairan pembersih kaca pun juga tidak boleh sembarangan. Sebab, jika kandungan yang ada pada cairan pembersih tidak sesuai, justru akan merusak permukaan kaca.

Terakhir, rajinlah periksa kondisi mesin dan kelistrikan. Kedua area tersebut juga menjadi hal utama yang perlu diperhatikan saat musim hujan, sehingga penting bagi pemilik kendaraan untuk rutin melakukan perawatan berkala sesuai anjuran pada buku petunjuk.

"Lakukanlah perawatan berkala ke bengkel resmi agar terjamin kualitas dan keaslian suku cadang yang dipakai sehingga performa dan kualitas kendaraan tetap optimal," ujar Riecky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com