Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2020, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Jepang, Honda belum lama ini merilis generasi terbaru PCX. Tak hanya tampilan luarnya saja yang mengalami ubahan, tapi mesinnya pun ada peningkatan.

Dikutip dari keterangan resmi Honda, skutik bongsor tersebut berubah namanya menjadi PCX 160. Sesuai dengan namanya, kapasitas mesin yang digunakan memang sudah bukan 150 cc lagi.

Baca juga: Mesin All New Honda PCX Naik Kelas Jadi 157 cc, Karakter Berubah Total

PCX 160 menggunakan mesin baru eSP+ berkapasitas 156 cc, berpendingin cairan, 4-katup, SOHC. Tenaganya sekarang menjadi 15,5 tk pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

All New Honda PCX 160Istimewa All New Honda PCX 160

Pada model sebelumnya, dengan mesin 150 cc, tenaga maksimum yang dihasilkan hanya 14,4 tk pada 8.500 rpm dan torsinya juga hanya 13,2 Nm pada 6.500 rpm.

Peningkatan lain ada di bagian fiturnya. Dengan mesin yang bertambah besar, sekarang Honda membekali PCX 160 dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC) atau banyak disebut dengan kontrol traksi alias traction control.

Baca juga: All New Honda PCX Meluncur di Eropa, Menyusul di Indonesia?

All New Honda PCX 160Istimewa All New Honda PCX 160

Fitur lainnya adalah USB socket tipe C yang ada di rak depan sebelah kiri. Kapasitas bagasi juga disebutkan meningkat, dari yang sebelumnya 28 liter menjadi 30 liter.

Honda PCX 160 akan dirilis pada 28 Januari 2021. Untuk harganya, PCX 160 akan dijual dengan harga 407.000 yen atau sekitar Rp 55 jutaan.

Ada empat pilihan warna yang ditawarkan, yakni Candy Raster Red, Poseidon Black Metallic, Matt Dim Gray Metallic, dan Pearl Jasmine White.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com