Jangan Panik, Begini Trik Mengemudi Saat Hadapi Tanjakan

Kompas.com - 03/12/2020, 14:41 WIB
Toyota Sienta. IstimewaToyota Sienta.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan menanjak yang curam seakan menjadi momok yang menakutkan bagi pengemudi pemula alias green driver yang notabennya memang belum terlalu mahir.

Minimnya pengalaman dan teknik berkendara, membuat kesulitan sendiri, bahkan tak jarang yang akhirnya gagal menanjak akibat tak bisa menguasai mobil, baik itu dengan transmisi matik ataupun manual.

Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Jakarta Utara, mengatakan kunci utama saat mengemudikan mobil pada jalan menanjak adalah, menjaga momentum dari laju kendaraan.

Namun tentunnya hal itu juga harus didukung dengan ragam persiapan sebelumnya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ban Mobil Bisa Kedaluwarsa?

"Ritmenya harus diatur, jaga emosi, fikus dan tidak perlu menekan gas terlalu dalam yang justru bisa kehilangan kendali mobil. Intinya pada momentum, tapi dari awal saat akan menanjak juga harus mempersiapkan kuda-kuda dari tuas transmisi," ucap Suparman belum lama ini kepada Kompas.com.

Untuk mobil transmisi matik, walau dalam beberapa kasus tuas transmisi cukup diletakan di D, tapi ada baiknya diturunkan ke posisi yang rendah seperti 3 dan 2, atau bahkan 1 atau L bila memang tanjakannya cukup curam.

Tuas transmisi mobil matik Tuas transmisi mobil matik

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar mobil mendapat tenaga yang cukup dari awal pendakian. Sementara untuk pengendara mobil manual, memang sudah seharusnya pada posisi gigi rendah.

"Penting juga untuk tidak menurunkan gigi di tengah pendakian, hal tersebut sebagai langkah agar mobil tak kehilangan tenaga yang nantinya justru merusak momentum," kata Suparman.

Ketika sudah melaju dengan baik, ritme injakan pedal gas sebisa mungkin dijaga secara konstan sehingga bisa memberikan traksi yang baik ke roda. Bila terlalu dalam menginjak pedal gas, justru bisa membuat mobil sulit dikendalikan.

Baca juga: Rawan Kecelakaan, Wajib Pahami Area Blind Spot Saat Berkendara

Toyota Rush laris manis di pasar domestik maupu mancanegaraTAM Toyota Rush laris manis di pasar domestik maupu mancanegara

Suparman menjelaskan, untuk urusan menekan pedal gas, ada baiknya memperhitungan bobot kendaraan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X