Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Helm Trail Tak Pakai Visor dan Berdagu Lancip?

Kompas.com - 01/12/2020, 19:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm memiliki beragam jenis dan bentuk, termasuk helm untuk off road atau motor trail. Bentuknya berbeda dengan helm untuk penggunaan jalan raya.

Helm motor trail yang berjenis full face biasanya memiliki pelindung rahang yang lancip. Kemudian memiliki pet yang panjang serta tidak dibekali kaca atau visor.

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, mengatakan, bentuk khas tersebut memang dirancang atau disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilintasi.

Baca juga: Tips Pilih Helm Full Face bagi Rider Berkacamata

Wakil Bupati Sumenep Ahmad Fauzi dan motor trail Honda CRF 150 cc miliknya.DOK PRIBADI/AHMAD FAUZI Wakil Bupati Sumenep Ahmad Fauzi dan motor trail Honda CRF 150 cc miliknya.

"Selain itu, perbedaan bentuk tersebut juga disesuaikan kondisi fisik yang berbeda saat berkendara saat di jalan off road dan on road,” ujar Lucky dalam keterangan resmi, Selasa (1/12/2020).

Lucky mengatakan, bagian rahang lebih panjang bertujuan agar mendapat sirkulasi udara yang lebih baik. Serta meminimalisir efek pada bagian gigi dan rahang jika terjadi benturan.

“Pet pada helm off road juga lebih panjang bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara di depannya” kata Lucky.

Helm trail THX.Ghulam/KompasOtomotif Helm trail THX.

Baca juga: Beli Helm Mahal tapi Bekas, Jangan Kompromi Soal Safety

Sedangkan mengapa tidak memakai visor yakni untuk mencegah pengembunan. Pengganti visor menggunakan kacamata besar atau biasa disebut goggles yang bisa dilepas pasang.

“Saat off road, kinerja fisik lebih dipacu dan membutuhkan oksigen yang lebih banyak untuk tubuh sehingga berpontensi menyebabkan pengembunan bila menggunakan visor," katanya.

"Oleh karena itu, goggles ini juga membantu pengendara untuk mendapatkan sirkulasi udara pernapasan yang lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor,” ujar Lucky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com