Kenapa Helm Trail Tak Pakai Visor dan Berdagu Lancip?

Kompas.com - 01/12/2020, 19:01 WIB
Helm motor trail KOMPAS.com/GilangHelm motor trail
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm memiliki beragam jenis dan bentuk, termasuk helm untuk off road atau motor trail. Bentuknya berbeda dengan helm untuk penggunaan jalan raya.

Helm motor trail yang berjenis full face biasanya memiliki pelindung rahang yang lancip. Kemudian memiliki pet yang panjang serta tidak dibekali kaca atau visor.

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, mengatakan, bentuk khas tersebut memang dirancang atau disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilintasi.

Baca juga: Tips Pilih Helm Full Face bagi Rider Berkacamata

Wakil Bupati Sumenep Ahmad Fauzi dan motor trail Honda CRF 150 cc miliknya.DOK PRIBADI/AHMAD FAUZI Wakil Bupati Sumenep Ahmad Fauzi dan motor trail Honda CRF 150 cc miliknya.

"Selain itu, perbedaan bentuk tersebut juga disesuaikan kondisi fisik yang berbeda saat berkendara saat di jalan off road dan on road,” ujar Lucky dalam keterangan resmi, Selasa (1/12/2020).

Lucky mengatakan, bagian rahang lebih panjang bertujuan agar mendapat sirkulasi udara yang lebih baik. Serta meminimalisir efek pada bagian gigi dan rahang jika terjadi benturan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pet pada helm off road juga lebih panjang bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara di depannya” kata Lucky.

Helm trail THX.Ghulam/KompasOtomotif Helm trail THX.

Baca juga: Beli Helm Mahal tapi Bekas, Jangan Kompromi Soal Safety

Sedangkan mengapa tidak memakai visor yakni untuk mencegah pengembunan. Pengganti visor menggunakan kacamata besar atau biasa disebut goggles yang bisa dilepas pasang.

“Saat off road, kinerja fisik lebih dipacu dan membutuhkan oksigen yang lebih banyak untuk tubuh sehingga berpontensi menyebabkan pengembunan bila menggunakan visor," katanya.

"Oleh karena itu, goggles ini juga membantu pengendara untuk mendapatkan sirkulasi udara pernapasan yang lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor,” ujar Lucky.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.