Yamaha Indonesia Akan Kehilangan Sosok Valentino Rossi

Kompas.com - 26/11/2020, 18:01 WIB
Duo pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick VInales dan Valentino Rossi saat memperkenalkan MX-King dan MT-15 terbaru di Jakarta, Senin (4/2/2019). YIMMDuo pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick VInales dan Valentino Rossi saat memperkenalkan MX-King dan MT-15 terbaru di Jakarta, Senin (4/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP 2020 menjadi musim terakhir bagi Valentino Rossi bersama tim pabrikan Yamaha. Mulai musim depan, Rossi akan bergabung dengan tim satelit Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT).

Posisi Rossi akan digantikan oleh Fabio Quartararo. Sementara Maverick Vinales, tetap memperpanjang kontraknya bersama Yamaha.

Baca juga: Valentino Rossi Kenang Kebersamaan dengan Maradona

Dengan begitu, Yamaha akan memiliki brand ambassador baru, yakni Vinales dan Quartararo. Hal ini juga akan memengaruhi promosi Yamaha di mana pun, termasuk di Indonesia.

Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, merayakan kemenangan pada balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, Mingu (25/6/2017).VINCENT JANINK/ANP/AFP PHOTO Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, merayakan kemenangan pada balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, Mingu (25/6/2017).

Antonius Widianto, Manager Public Relation dan Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, bukan masalah kehilangan atau tidak.

"Image Rossi itu memang melekatnya lebih banyak pada Yamaha. Walaupun dia sudah pernah ada di Honda dan Ducati," ujar Anton, saat ditemui di Yamaha Flagship Store, Cempaka Putih, Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Baca juga: Valentino Rossi Ungkap Bedanya Tim Satelit dan Tim Pabrikan

Anton menambahkan, kalau melihat ke depan, Yamaha tetap berpikir harus terus bergerak dengan pebalap barunya, yakni Vinales dan Quartararo, untuk musim depan.

"Rossi pun tetap ada di Yamaha kan. Intinya, mulai 1 Januari kita tidak bisa lagi pakai segala atribut terkait dengan Rossi. Dengan dia sudah disponsori oleh Petronas, kita tidak bisa pakai lagi. Kita pakainya Quartararo saja," kata Anton.

Pembalap Italia Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (tengah), posisi pertama, pembalap Prancis Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo (kiri), kedua dan pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi (kanan), ketiga, berpose setelah sesi kualifikasi MotoGP di Moto Grand. Prix de Catalunya di Circuit de Catalunya pada 26 September 2020 di Montmelo di pinggiran Barcelona.AFP/LLUIS GENE Pembalap Italia Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (tengah), posisi pertama, pembalap Prancis Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo (kiri), kedua dan pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi (kanan), ketiga, berpose setelah sesi kualifikasi MotoGP di Moto Grand. Prix de Catalunya di Circuit de Catalunya pada 26 September 2020 di Montmelo di pinggiran Barcelona.

Meski demikian, Anton mengatakan, selama Rossi masih pakai Yamaha, pihak Yamaha Indonesia tetap menaikkannya sebagai kampanye. Contohnya, seperti saat Quartararo atau Franco Morbidelli menang.

Jika biasanya Rossi berkunjung ke Indonesia bersama tim pabrikan Yamaha, maka mulai musim depan yang datang adalah Vinales dan Quartararo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X