Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Indonesia Akan Kehilangan Sosok Valentino Rossi

Kompas.com - 26/11/2020, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP 2020 menjadi musim terakhir bagi Valentino Rossi bersama tim pabrikan Yamaha. Mulai musim depan, Rossi akan bergabung dengan tim satelit Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT).

Posisi Rossi akan digantikan oleh Fabio Quartararo. Sementara Maverick Vinales, tetap memperpanjang kontraknya bersama Yamaha.

Baca juga: Valentino Rossi Kenang Kebersamaan dengan Maradona

Dengan begitu, Yamaha akan memiliki brand ambassador baru, yakni Vinales dan Quartararo. Hal ini juga akan memengaruhi promosi Yamaha di mana pun, termasuk di Indonesia.

Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, merayakan kemenangan pada balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, Mingu (25/6/2017).VINCENT JANINK/ANP/AFP PHOTO Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, merayakan kemenangan pada balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, Mingu (25/6/2017).

Antonius Widianto, Manager Public Relation dan Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, bukan masalah kehilangan atau tidak.

"Image Rossi itu memang melekatnya lebih banyak pada Yamaha. Walaupun dia sudah pernah ada di Honda dan Ducati," ujar Anton, saat ditemui di Yamaha Flagship Store, Cempaka Putih, Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Baca juga: Valentino Rossi Ungkap Bedanya Tim Satelit dan Tim Pabrikan

Anton menambahkan, kalau melihat ke depan, Yamaha tetap berpikir harus terus bergerak dengan pebalap barunya, yakni Vinales dan Quartararo, untuk musim depan.

"Rossi pun tetap ada di Yamaha kan. Intinya, mulai 1 Januari kita tidak bisa lagi pakai segala atribut terkait dengan Rossi. Dengan dia sudah disponsori oleh Petronas, kita tidak bisa pakai lagi. Kita pakainya Quartararo saja," kata Anton.

Pembalap Italia Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (tengah), posisi pertama, pembalap Prancis Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo (kiri), kedua dan pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi (kanan), ketiga, berpose setelah sesi kualifikasi MotoGP di Moto Grand. Prix de Catalunya di Circuit de Catalunya pada 26 September 2020 di Montmelo di pinggiran Barcelona.AFP/LLUIS GENE Pembalap Italia Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (tengah), posisi pertama, pembalap Prancis Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo (kiri), kedua dan pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi (kanan), ketiga, berpose setelah sesi kualifikasi MotoGP di Moto Grand. Prix de Catalunya di Circuit de Catalunya pada 26 September 2020 di Montmelo di pinggiran Barcelona.

Meski demikian, Anton mengatakan, selama Rossi masih pakai Yamaha, pihak Yamaha Indonesia tetap menaikkannya sebagai kampanye. Contohnya, seperti saat Quartararo atau Franco Morbidelli menang.

Jika biasanya Rossi berkunjung ke Indonesia bersama tim pabrikan Yamaha, maka mulai musim depan yang datang adalah Vinales dan Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com