Kompas.com - 25/11/2020, 11:32 WIB
Touring Komunitas Ducati dok.ducati indonesiaTouring Komunitas Ducati

JAKARTA, KOMPAS.com - Touring sering dikonotasikan sebagai perjalanan jarak jauh mengendarai sepeda motor. Tentunya, persiapan yang dilakukan harus matang agar perjalanan tetap lancar, aman, dan nyaman.

Persiapan yang dilakukan bukan hanya sebatas fisik pengendara, kondisi motor, dan perlengkapan berkendara saja. Tapi, perlu juga membawa tool kit standar atau alat-alat perbengkelan.

Baca juga: Salah Kaprah, Touring Komunitas Motor Tidak Perlu Lapor IMI

“Selain itu, ada hal-hal lain yang harus dipersiapkan yaitu Tool Kit standar untuk melakukan tindakan terhadap sepeda motor jika dalam konsisi darurat,” buka Ade Rohman, Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer motor Honda di Jawa Barat, dalam keterangan resminya.

Kunci busi Foto: Blibli Kunci busi

Berikut hal-hal yang sebaiknya dipersiapkan dengan baik demi kelancaran perjalanan touring di antaranya:
1. Kunci Busi
Ade mengatakan, dalam keadaan darurat, apabila motor mogok, yang pertama kali dilakukan adalah mengecek bagian pengapian, yaitu busi. Untuk itu, perlu membawa kunci khusus pembuka busi, baik untuk motor matik, bebek, atau sport.

2. Obeng Plus (+) dan Obeng Minus (-)
"Obeng dapat digunakan untuk membuka baut atau skrup yang ada di bodi motor untuk menyetel stasioner atau idling dan pengecekan baut saluran bahan bakar," kata Ade.

Baca juga: IMI Bantah Bikin Aturan Komunitas Motor yang Mau Touring

Tang kombinasi, alat yang wajib dibawa saat touring menggunakan motorIstimewa Tang kombinasi, alat yang wajib dibawa saat touring menggunakan motor

3. Tang (Potong dan Tang Longnose)
Untuk membuka atau memasang sambungan rantai, potong kabel mengupas kabel, membuka baut yang slek dan menjepit klem dibutuhkan tang potong dan tang longnose.

“Dalam keadaan emergensi dapat difungsikan juga sebagai pengganti tangan ketika harus memegang kuat mur atau baut yang dikencangkan khususnya saat mesin motor panas, tentu untuk membuka koil akan sulit tanpa menggunakan alat bantu,” ujar Ade.

4. Kunci L (Hexagonal atau Bintang)
Kunci L dengan komposisi 1 (satu) set sehingga lengkap apabila akan digunakan.

“Alat ini diperlukan karena sebagian besar motor ada yang mengharuskan menggunakan kunci L untuk membuka beberapa bagian tertentu,” ujar Ade.

Satu set kunci L, alat yang wajib dibawa saat touring menggunakan motorIstimewa Satu set kunci L, alat yang wajib dibawa saat touring menggunakan motor

5. Pompa Angin Portable
Pompa angin dengan ukuran mini yang mudah dibawa cukup penting untuk dibawa. Alat ini dapat dipakai ketika ban kendaraan kurang angin sebelum mendapatkan pompa angin khusus.

6. Kunci Pas ukuran 10 x 12 dan 14 x 17
"Fungsi dari alat ini adalah untuk mengencangkan dan melepas baut dan mur yang berbentuk segi enam atau kotak saja, menempel pada bagian sepeda motor yang tidak terlalu kuat momen pengencangannya," kata Ade.

7. Kunci Ring Hexagonal 24 Mm
Kegunaan dari kunci ini salah satunya adalah untuk menjangkau bagian yang sempit pada sepeda motor tipe Sport.

“Daya cengkram kunci ring jauh lebih kuat untuk membuka atau mengencangkan baut/mur dengan maksimal,” ujar Ade.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X