Cara Memilih Pelek untuk Kendaraan Niaga

Kompas.com - 21/11/2020, 09:42 WIB
Pelek Hybrid truk dan bus Bambang WidjanarkoPelek Hybrid truk dan bus

JAKARTA, KOMPAS.comPelek pada kendaraan niaga ternyata turut menjadi faktor yang menyebabkan ban lebih awet. Pelek yang berkualitas dapat memperpanjang usia ban, begitu juga sebaliknya.

Melihat dari hal tersebut, pemilihan pelek yang berkualitas sangat vital bagi pengusaha. Usia ban yang panjang juga menjadi sebuah keuntungan untuk perusahaan niaga, jadi tidak terlalu sering mengeluarkan biaya untuk membeli ban baru.

Tire & Rim Consultant dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Bambang Widjanarko menjnelaskan cara bagaimana memilih pelek yang benar.

Baca juga: Honda CBR1000RR Ringsek, Biaya Perbaikannya Tembus Rp 50 Juta

Pelek aluminium busotosia.com Pelek aluminium bus

“Pertama, pilih pelek dengan flange width (lebar bibir pelek) yang cukup lebar sehingga ujung dari bibir pelek menjauh dari bagian bead sector pada ban,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

Bibir pelek yang lebar menghindarkan terjadinya rim cut atau bead sector yang terpotong oleh pelek, bead burst, dan bead crack saat ban mengalami defleksi. Kedua, perhatikan juga ketebalan dari disc pelek.

“Dalam memilih ketebalan disc pelek, pengusaha harus memperhitungkan muatan yang akan diangkut dan kondisi jalan yang dilalui. Semakin berat muatan dan semakin buruk jalan, disarankan pilih pelek dengan disc yang lebih tebal,” kata Bambang.

Baca juga: Komponen Mobil Bisa Cepat Rusak karena Sering Parkir di Luar, Ini Penjelasannya

Namun jika melihat disc pelek yang retak di antara dua lubang bautnya, itu disebabkan karena kekencangan baut yang tidak merata, bukan karena kurang tebal. Sedangkan bibir pelek yang pecah penyebabnya pasti karena benturan atau kejeblos.

“Permukaan disc yang tidak rata dan pelek benjol mengakibatkan keausan telapak ban yang tidak merata atau irregular wear,” kata dia.

Terakhir, perhatikan juga offset peleknya, agar kendaraan dapat berbelok dengan maksimal, tidak membentur kaki-kaki. Selain itu, offset juga berpengaruh terhadap dual spacing ban ganda, sehingga tidak saling bersentuhan ketika dipasangkan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X