Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengendarai Moge Model Sport Butuh Adaptasi Khusus

Kompas.com - 21/11/2020, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki motor gede (moge) memang menjadi mimpi sebagian orang. Bagi yang sudah memiliki uangnya, ada yang memilih untuk membeli moge model sport karena tampilannya yang seperti motor balap.

Namun, mengendarai moge tipe sport dengan fairing dan cc nya yang besar tentunya membutuhkan keahlian khusus. Tidak semua pengendara motor dapat menguasai moge tipe sport, apalagi saat belok atau manuver.

Head of Safety Riding Promotion Wahana (Main Dealer Honda) Agus Sani mengatakan, pengendara moge harus memiliki riding postur yang benar, kekuatan tangan dan keseimbangan juga diperlukan. Moge tipe sport ini agak sulit dikuasai karena jarak main setang yang tidak seluas motor tipe lain.

Baca juga: Pelat Nomor Mobilnya Dipalsukan, Anggota DPRD Sragen Ketiban Sial

Yamaha akan diskontinu R6, kecuali tipe track-only dan GYTRVisordown.com Yamaha akan diskontinu R6, kecuali tipe track-only dan GYTR

”Handling moge tipe sport sangat sulit jika dibawa ke kondisi jalanan yang padat, apalagi jika banyak belokan yang patah,” ucap Agus kepada Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

Agus mengatakan, usahakan kaki pengendara dapat menyentuh tanah, jika moge sudah posisi miring, bebannya cukup berat. Jika pijakan kakinya tidak pas menahan motor, maka bisa terjatuh.

“Soal bukaan gas, motor cc besar tidak bisa langsung ditarik gasnya, harus pelan-pelan agar motor tidak loncat,” kata Agus.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Harga Rp 40 Jutaan di Balai Lelang, Ada Jazz, Avanza, sampai City

Tips yang bisa diberikan Agus bagi yang ingin lancar melakukan manuver dengan moge yaitu sering melakukan latihan keterampilan berkendara di trek khusus. Latihan berupa keseimbangan, zig-zag dan manuver berbelok.

“Ketiga faktor tadi yang biasanya menjadi kesulitan pengendara moge tipe sport. Jika jalan lurus sih mudah-mudah saja, namun kalau sudah ada zig-zag, putar balik dan jalan pelan, maka sudah agak sulit. Jangan latihan di jalan raya yang ada kendaraan lain berlalu-lalang,” ucapnya.

Agus juga mengingatkan untuk selalu sabar di jalan, kontrol emosi yang tinggi. Hal ini dilakukan agar selalu aman dan nyaman saat berkendara. Memang biasanya pengendara moge ini akan mudah terpancing adrenalinnya terutama saat jalanan sepi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com