Kelebihan Ban Radial daripada Bias untuk Bus

Kompas.com - 20/11/2020, 19:01 WIB
Bus AKAP PO Gunung Harta Gunung HartaBus AKAP PO Gunung Harta

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada dua jenis konstruksi yang ada pada ban, pertama yaitu radial dan satu lagi bias. Ban dengan konstruksi radial saat ini memang lebih sering digunakan pada bus antar kota antar provinsi ( AKAP).

Namun sebelumnya, ada juga beberapa bus yang masih menggunakan ban bias. Alasannya karena ban bias diklaim akan lebih tahan jika sering menemui kontur jalan yang kurang baik daripada ban radial.

Lalu kenapa sekarang ban radial lebih sering digunakan pada bus AKAP?

Baca juga: Ganti Rugi Honda CBR1000RR SP, Harganya Setara Enam Unit Daihatsu Ayla

ganti ban busmalangpostonline.com ganti ban bus

Tire and Rim Consultant dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Bambang Widjanarko mengatakan, kalau bus AKAP tidak memakai ban radial, penumpang sepertinya tidak akan nyaman di jalan.

“Saya kira kalau bus tidak pakai ban radial, penumpangnya akan hilang semua. Zaman dulu saat masih memakai ban bias, banyak kaca jendela bus yang pecah karena karakter ban bias yang keras dan meloncat-loncat,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Kamis (19/11/2020).

Bambang mengatakan, ban konstruksi radial lebih fleksibel, lentur dan lebih aman dari selip. Daya cengkeram ban radial juga jauh lebih baik dibanding ban bias.

Baca juga: Kasus Ayla Tabrak CBR1000RR, Ingat Lagi Pentingnya Jaga Emosi

Karakter ban bias dan radial saat menikungBambang Widjanarko Karakter ban bias dan radial saat menikung

Bus larinya kencang, kalau menikung, enggak berani pakai ban bias. Jejak telapak ban radial juga lebih lebar dibanding ban bias sehingga cengkeramannya lebih baik,” kata Bambang.

Saat ini memang masih ada bus yang memakai ban bias. Biasanya bus tersebut digunakan di pedesaan dengan kontur jalan yang kurang baik, bukan seperti bus AKAP yang mayoritas sudah menggunakan jalan tol.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X