Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina: Masa Iya Kita Setara dengan Bangladesh dan Kolombia

Kompas.com - 19/11/2020, 20:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada alasan tertentu mengapa Pertamina menyelenggarakan Program Langit Biru yang memberikan promo pembelian Pertalite seharga Premium. Salah satunya untuk menggalakkan penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan dan minim polusi udara.

Arifun Dhalia, Vice President Promotion & Marketing Communication PT Pertamina, mengatakan, Indonesia termasuk dalam negara-negara yang memasarkan BBM yang tidak ramah lingkungan.

Menurutnya, Indonesia masuk dalam tujuh negara di dunia yang masih menyalurkan BBM dengan RON (Research Octane Number) kurang dari 90.

Baca juga: Kasus Ayla Tabrak CBR1000RR, Ingat Lagi Pentingnya Jaga Emosi

Petugas mengisi BBM bersubsidi jenis PremiumKOMPAS/PRIYOMBODO Petugas mengisi BBM bersubsidi jenis Premium

“Masa iya kita setara dengan Bangladesh, dengan Kolombia. Sebenarnya informasi ini menyedihkan,” ucap Arifun, dalam diskusi virtual (18/11/2020).

BBM jenis Premium awalnya memiliki bahan dasar timbal yang dapat mencemari lingkungan. Kemudian, pihak kilang mengubah BBM Premium dengan campuran Methyl Tertiary Buthyl Ether (MTBE).

MTBE adalah senyawa organik yang tidak mengandung logam dan tidak membentuk senyawa peroksida yang berbahaya bagi lingkungan.

Baca juga: Andi Gilang Turun Kelas ke Moto3 mulai 2021

Pengendara motor mengantre di SPBU untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, di Bali, Selasa (26/8/2014).AFP PHOTO / SONNY TUMBELAKA Pengendara motor mengantre di SPBU untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, di Bali, Selasa (26/8/2014).

“Kalau kita mundur dari sejarah, dulu ada Premium yang menggunakan timbal,” ujar Arifun.

“Seolah-olah bahwa kita semua ya okelah Pertamina sebagai tadi vendornya pemerintah itu kok menjual produk ang meracuni bangsanya sendiri. Akhirnya kita ubah dengan MTBE atau yang bukan timbal,” katanya.

Sebagai upaya perbaikan, kilang minyak Pertamina yang berada di Indramayu, Jawa Barat, akhirnya berhasil mengubah BBM Premium yang selama ini memiliki RON 88 menjadi 90.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com