Pertamina: Masa Iya Kita Setara dengan Bangladesh dan Kolombia

Kompas.com - 19/11/2020, 20:01 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina Humas Pertamina region IIIIlustrasi SPBU Pertamina
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada alasan tertentu mengapa Pertamina menyelenggarakan Program Langit Biru yang memberikan promo pembelian Pertalite seharga Premium. Salah satunya untuk menggalakkan penggunaan BBM yang lebih ramah lingkungan dan minim polusi udara.

Arifun Dhalia, Vice President Promotion & Marketing Communication PT Pertamina, mengatakan, Indonesia termasuk dalam negara-negara yang memasarkan BBM yang tidak ramah lingkungan.

Menurutnya, Indonesia masuk dalam tujuh negara di dunia yang masih menyalurkan BBM dengan RON (Research Octane Number) kurang dari 90.

Baca juga: Kasus Ayla Tabrak CBR1000RR, Ingat Lagi Pentingnya Jaga Emosi

Petugas mengisi BBM bersubsidi jenis PremiumKOMPAS/PRIYOMBODO Petugas mengisi BBM bersubsidi jenis Premium

“Masa iya kita setara dengan Bangladesh, dengan Kolombia. Sebenarnya informasi ini menyedihkan,” ucap Arifun, dalam diskusi virtual (18/11/2020).

BBM jenis Premium awalnya memiliki bahan dasar timbal yang dapat mencemari lingkungan. Kemudian, pihak kilang mengubah BBM Premium dengan campuran Methyl Tertiary Buthyl Ether (MTBE).

MTBE adalah senyawa organik yang tidak mengandung logam dan tidak membentuk senyawa peroksida yang berbahaya bagi lingkungan.

Baca juga: Andi Gilang Turun Kelas ke Moto3 mulai 2021

Pengendara motor mengantre di SPBU untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, di Bali, Selasa (26/8/2014).AFP PHOTO / SONNY TUMBELAKA Pengendara motor mengantre di SPBU untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, di Bali, Selasa (26/8/2014).

“Kalau kita mundur dari sejarah, dulu ada Premium yang menggunakan timbal,” ujar Arifun.

“Seolah-olah bahwa kita semua ya okelah Pertamina sebagai tadi vendornya pemerintah itu kok menjual produk ang meracuni bangsanya sendiri. Akhirnya kita ubah dengan MTBE atau yang bukan timbal,” katanya.

Sebagai upaya perbaikan, kilang minyak Pertamina yang berada di Indramayu, Jawa Barat, akhirnya berhasil mengubah BBM Premium yang selama ini memiliki RON 88 menjadi 90.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X