Gagal Juara Dunia, Honda Sindir Yamaha dan Ducati

Kompas.com - 19/11/2020, 19:45 WIB
Alberto Puig (tengah), Dani Pedrosa (kiri) dan Mike Leitner (kanan) saat akan menjalani kualifikasi di China 2006 lalu. Motorsport.comAlberto Puig (tengah), Dani Pedrosa (kiri) dan Mike Leitner (kanan) saat akan menjalani kualifikasi di China 2006 lalu.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajer Repsol Honda Alberto Puig menyindir pabrikan Yamaha dan Ducati yang gagal mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 usai dikalahkan oleh Suzuki lewat Joan Mir.

Menurutnya, dua pabrikan tersebut begitu diandalkan pada musim kali ini karena Marc Marquez, sang juara bertahan sekaligus andalan Repsol Honda tidak dapat menjalani balapan secara penuh.

Marquez terpaksa merelakan juara dunia MotoGP 2020 usai menderita cedera patah lengan saat menjalani seri pembuka di GP Spanyol. Ia harus menjalani masa pemulihan dan rehabilitasi sampai tahun depan.

Baca juga: Harapan Marc Marquez yang Pupus Musim Ini

Joan Mir mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah finish peringkat ketujuh di MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020).AFP/LLUIS GENE Joan Mir mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah finish peringkat ketujuh di MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020).

"Kami ingin mengucapkan selamat kepada Suzuki atas capaian musim 2020. Mereka melakukan pekerjaan yang fantastis sebagai sebuah tim dan pebalap mereka, Joan Mir, menjalaninya begitu hebat serta konsisten," kata Puig dilansir Tuttomotoriweb, Rabu (19/11/2020).

"Saya pikir itu mengejutkan banyak orang. Secara teoritis, Yamaha dan Ducati seharusnya berada di posisi teratas untuk memperebutkan gelar dunia setelah absennya Marc Marquez," lanjut dia.

Tapi, Yamaha tidak konsisten dalam berlaga karena banyak keluhan di sektor mesin. Sementara Ducati beberapa kali pebalapnya tak bisa menyelesaikan balapan imbas masalah teknis.

Baca juga: Marquez Siap Balas Dendam, Target Rebut Juara Dunia MotoGP 2021

Marc Marquez umumkan dirinya akan kembali balapan pada MotoGP 2021instagram.com/marcmarquez93 Marc Marquez umumkan dirinya akan kembali balapan pada MotoGP 2021

"Suzuki menunjukkan bahwa mereka ada di sini untuk menang dan mengambil keuntungan dari kondisi pesaingnya. Kami hanya mengucapkan selamat kepada Suzuki atas komitmen dan kepercayaannya tahun ini," kata Puig.

Pada kesempatan terpisah, Marc Marquez tengah bersiap untuk merebut titel juara dunia dari Joan Mir pada MotoGP 2021. Dikabarkan bahwa keadaan Marc kini sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

"Saya bertekad untuk merebutnya pada tahun depan, sekalipun rival-rival lain membuat segalanya tidak mudah," kata Marc.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X